Tanggul Kali Pulo Jatipadang Jebol Lagi!
Foto:Istimewa

Tanggul Kali Pulo Jatipadang Jebol Lagi!

Kamis, 30 Nov 2017 | 10:36 | Cindy Cesilia

WinNetNews.com-  Cuaca ekstrem yang melanda sekitaran pulau Jawa dan Jakarta mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Dikutip dari berbagai sumber yang ada,tanggul darurat Kali Pulo di wilayah Jatipadang, Jakarta Selatan, yang dibangun petugas Dinas Sumber Daya Air (SDA) kembali jebol. Air merendam puluhan rumah warga. "Kejadian diperkirakan jam 4 pagi," kata Ketua RW 06 Jatipadang, Arief Syarifuddin. 

Menurut Arief,  air masuk dari tanggul darurat dari karung berisi pasir yang dibangun Dinas SDA. Tanggul darurat itu tidak kuat menahan tingginya debit air sehingga jebol.

Air kemudian menggenangi rumah warga. Ketinggian air mencapai sekitar 20-30 cm pada pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB. "Ada 50-an rumah yang terdampak," kata Arief.  Sejumlah anggota PPSU atau Pasukan Oranye Kelurahan Jatipadang sudah berada di lokasi melakukan penanganan.

Seperti yang kita ketahui, tanggul Kali Pulo di RT 03 RW 06, Jatipadang, Jakarta Selatan, jebol dan menggenangi rumah warga pada Selasa 21/11/2017 lalu. Esok harinya petugas Dinas SDA datang menambal tanggul yang jebol itu dan menambalnya dengan karung pasir.

Arief ketua RT setempat menyayangkan tanggul yang jebol tersebut hanya ditambal karung pasir. Dia berharap Pemprov DKI Jakarta membuat tanggul permanen agar kasus ini tidak berulang dan menyusahkan warga beraktivitas.

"Itulah, seperti yang saya katakan beberapa minggu lalu, kalau masalah sudah dianggap selesai, ya selesai (tidak ada tindak lanjut-red)," tambah Arief. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...