Tangkal Perundungan Daring, Instagram Rilis Fitur Baru
Instagram merilis fitur baru demi mencegah perundungan online. (Foto: The Verge)

Tangkal Perundungan Daring, Instagram Rilis Fitur Baru

Selasa, 19 Mei 2020 | 16:10 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Instagram merilis beberapa fitur baru untuk pengguna Indonesia. Fitur-fitur ini bertujuan untuk menciptakan atmosfer lebih positif di Instagram, terutama dalam hal memerangi perundungan online.

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (19/5), fitur pertama yang diluncurkan adalah Guides, di mana kreator bisa mengkurasi konten-konten dengan topik tertentu dan bisa ditemukan dengan mudah oleh pengguna.

Dalam peluncurannya, Guides akan fokus pada isu kesehatan mental, terutama semasa pandemi Covid-19.

Instagram bekerja sama dengan startup kesehatan mental Riliv, komunitas anti-perundungan Sudah Dong, dan aktris Ariel Tatum dalam pembuatan konten tentang kesehatan mental dan anti perundungan.

Untuk saat ini, fitur Guides bisa dilihat dengan mengunjung profil akun Instagram Riliv, Sudah Dong, atau Ariel Tatum. Kemudian, klik ikon Guides yang terletak di tengah-tengah antara galeri dan tag.

Posisi tersebut biasanya dihuni ikon IGTV. Dalam beberapa waktu ke depan, kumpulan konten Guides juga akan muncul di bagian tab Explore.

Salah satu konten yang sudah diluncurkan adalah lima seri video yang digarap Riliv bersama Ariel Tatum tentang isu kesehatan mental yang diulas dengan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh anak muda.

Selain itu, Riliv juga meluncurkan audio meditasi berjudul "Mengatasi Bullying" sebagai bentuk adaptasi booklet #REALTALK, hasil kolaborasi bersama Sudah Dong dan Instagram.

Putri Silalahi, Manajer Komunikasi Publik Instagram Asia Pasifik mengatakan bahwa pengisi konten Guides hanya berasal dari kreator dan organisasi yang dinilai kredibel. Itu artinya, tidak semua pengguna bisa mengkurasi konten di Guides.

"(Hanya) untuk kreator yang kami tahu selama ini berusaha membangun kesadaran masyarakat akan isu-isu tertentu," jelas Putri dalam acara peluncuran fitur dan kampanye #REALTALK Instagram yang digelar secara online pada Selasa (19/5).

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...