Tanpa Anda Sadari, Trik Marketing Ini Mengecoh Anda Jadi Belanja Lebih Banyak

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

Tanpa Anda Sadari, Trik Marketing Ini Mengecoh Anda Jadi Belanja Lebih Banyak Decoy effect

Winnetnews.com - Ketika Anda membeli secangkir kopi, Anda mungkin memperhatikan bahwa dari tiga pilihan ukuran - kecil, sedang dan besar - sajian berukuran sedang seringkali harganya hampir sama dengan yang besar. Melihat tawaran tersebut, pernahkah Anda memilih porsi terbesar dan termahal?

Jika demikian, Anda telah didorong oleh bias kognitif yang dikenal sebagai efek umpan atau decoy effect.

Bias ini bekerja ketika Anda sengaja diperlihatkan opsi yang sedikit kurang menarik - dalam hal ini, kopi berukuran sedang yang relatif mahal - sehingga mendorong Anda untuk membayar lebih banyak uang daripada yang Anda pilih secara rasional.

"Jika Anda membingkai opsi dengan cara tertentu, Anda dapat mendorong orang-orang ke arah produk dengan harga yang lebih tinggi," kata Linda Chang, seorang psikolog di Universitas Harvard.

Efek umpan pertama kali diselidiki sebagai strategi pemasaran untuk mempengaruhi pilihan konsumen, tapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa efek ini juga bisa memengaruhi rekrutmen pegawai, perawatan kesehatan, bahkan politik. Ini menunjukkan betapa mudahnya penilaian kita dipengaruhi tidak hanya oleh fakta, tapi juga konteks -- bahkan ketika informasi tambahan itu mungkin tidak berpengaruh pada penilaian keseluruhan.

Dengan mempelajari efek umpan, Anda mungkin menjadi kurang rentan terhadap pengaruhnya yang tidak disadari. Anda bahkan dapat menemukan cara untuk menggunakannya sendiri sebagai alat persuasi.

Apa Reaksi Kamu?