Tanpa Disadari Berat Badan Bisa Naik Karena Hal Ini

Rusmanto
Rusmanto

Tanpa Disadari Berat Badan Bisa Naik Karena Hal Ini ilustrasi

Winnetnews.com - Salah satu masalah terbesar yang paling banyak dialami banyak orang khususnya milenial adalah kegemukan atau obesitas. Naiknya kadar lemak di tubuh terjadi dengan sangat cepat. Bahkan, pada beberapa kasus kenaikan itu jarang sekali disadari karena terjadi perlahan-lahan.

Penyebab Berat Badan Naik

Kenaikan berat badan yang terjadi dengan sangat cepat mudah sekali dikenali. Kita bisa merasakannya dan segera menurunkannya kembali. Namun, kalau kenaikan berat badan terjadi perlahan-lahan, kita jadi sulit menyadarinya.

Akibat sulit menyadari kenaikan berat badan, tubuh sudah terlanjur mengalami obesitas. Dampaknya, penanganan jadi sulit dilakukan. Berikut beberapa penyebab kenaikan berat badan yang kerap tidak disadari.

1. Terlalu Banyak Makanan yang Terproses

Makanan yang sudah diproses terlalu banyak sebelum disantap tidak baik untuk kesehatan tubuh. Selain bisa menyebabkan cukup banyak masalah kalau mengandung pengawet, kalori yang terkandung juga kerap lebih besar dari bentuknya.

Itulah kenapa kita disarankan untuk bisa melihat apa saja komposisi dari makanan yang sedang dimakan. Kalau kalorinya besar dan bentuknya kecil, usahakan untuk tidak makan berlebihan. Meski terasa tidak kenyang, kalori tubuh bisa surplus.

2. Konsumsi Gula Berlebihan

Salah satu pemicu kegemukan atau obesitas yang paling banyak dialami oleh masyarakat adalah gula. Bentuk dari gula yang ada pada makanan cukup banyak, nasi putih yang Anda konsumsi setiap hari juga mengandung gula yang banyak.

Aneka minuman manis, kue, dan camilan cukup banyak mengandung gula. Sayangnya kita kerap menganggap hal itu bukan makanan utama. Sudah makan cukup banyak, kita tetap makan nasi karena merasa tidak kenyang.

Gula harus dibatasi meski memiliki peranan untuk tubuh. Kalau Anda menggunakan gula pasir, usahakan dalam sehari cuma 4-6 sendok teh saja. Lebih dari jumlah yang direkomendasikan ini bisa memicu kondisi diabetes.

3. Salah Memilih Diet

Menentukan diet mana yang terbaik memang tidak mudah. Setiap orang memiliki kebutuhan sendiri-sendiri dan diet yang cocok berbeda-beda. Kalau diet yang dilakukan berhasil, kemungkinan tidak terjadi kesalahan.

Apabila diet yang dilakukan salah, kemungkinan besar akan terjadi penurunan berat badan yang terlalu cepat atau kenaikan yang masif. Kalau Anda menjalankan diet, tapi malah obesitas, berarti ada yang salah dan butuh evaluasi ulang.

Apa Reaksi Kamu?