Image Target Semua Tanah Indonesia Bersertifikat, Jokowi: Cuma 46 juta yang Bersertifikat dari 126 juta
Finance  

Target Semua Tanah Indonesia Bersertifikat, Jokowi: Cuma 46 juta yang Bersertifikat dari 126 juta

Jumat, 08 September 2017 22:05 WIB

WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo menargetkan seluruh tanah di Indonesia tersertifikasi. Menurutnya, hanya 46 juta dari 126 juta bidang yang telah bersertifikat.

"Di seluruh Tanah Air ada 126 juta yang harus disertifikatkan, sekarang dari 46 juta bidang. Jadi masih kurang banyak sekali," kata pria Jokowi di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Jl Raya Sempidi, Badung, Bali, Jumat (7/9/2017). 

Jokowi menambahkan, sertifikasi tanah ini guna meminimalisir sengketa tanah antar warga, pemerintah dan pengusaha.

"Saya perintahkan Menteri Agraria (Sofyan Djalil), selesaikan segera sertifikat dan serahkan kepada masyarakat. Tahun ini targetnya 5 juta sertifikat diserahkan kepada masyarakat," ujar Jokowi.

Sementara target pada 2018, menurut Jokowi, sebesar 7 juta sertifikat dan 9 juta sertifikat di 2019. Dalam pembagian 3.500 sertifikat tanah di Bali, Jokowi mengingatkan masyarakat yang telah memiliki sertifikat untuk cermat menggunakannya, terutama ketika akan digunakan sebagai jaminan pinjaman ke bank.

"Biasanya 400-500 ribu sertifikat, sekarang tahun depan 7 juta sertifikat harus diserahkan kepada masyarakat. 2019, 9 juta sertifikat diserahkan. Karena warga datang ke saya masalahnya sengketa dengan tetangga, pemerintah atau perusahaan," ucap Jokowi.

Untuk mempercepat agar memenuhi target tersebut, Jokowi menyatakan telah menambah direktur dan sumber daya manusia di Badan Pertanahan Nasional (BPN). Sehingga diharapkan pengukuran lahan bisa cepat diselesaikan.

"BPN berilah pelayanan yang cepat kepada masyarakat dalam pengurusan sertifikat yang mudah. Menteri BPN (Sofyan Djalil) katanya kurang direktur, dan sudah ditambah direktur, sekarang jumlah pegawai ditambah 4.500, sehingga lebih cepat mengukurnya. Jadi tidak ada alasan lagi mengukurnya lamban," ungkap Jokowi.

BPBD Gunung Kidul Keluarkan Status Siaga Darurat Kekeringan
Liga Champions: Sevilla Imbangi MU 0-0

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

Sekilas Tentang WinnetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.

atau
Lupa kata sandi akun kamu?
atau
Kami akan mengirim link aktivasi pada email Anda.
Daftar Akun