Tarik Wisatawan Mancanegara, Korea Selatan Siap Bangun Gedung Konser K-Pop Pertama Bernama 'Seoul Arena'

Nisa Diniah
Nisa Diniah

Tarik Wisatawan Mancanegara, Korea Selatan Siap Bangun Gedung Konser K-Pop Pertama Bernama 'Seoul Arena' Foto: Allkpop

Winnetnews.com - Tingginya minat K-Pop dan budaya Hallyu membuat pemerintah Korea Selatan memutuskan untuk membangun gedung konser khusus untuk K-Pop. Gedung yang sedang dalam tahap perencanaan tersebut akan diberi nama "Seoul Arena". Gedung tersebut akan berlokasi di dekat stasiun Changdong Seoul, yang akan menjadi arena konser K-Pop pertama di Korea.

Pembangunan 'Seoul Arena" merupakan komitmen pemerintah Seoul untuk menjadikan kota Seoul sebagai Kota Musik. Hal ini karena kepopuleran musik K-Pop yang telah berhasil diperkenalkan oleh banyak penyanyi asal negeri gingseng tersebut. Hal ini juga sebagai salah satu cara untuk terus menarik wisatawan mancanegara untuk datang ke Korea Selatan.

Gedung tersebut juga akan menjadi gedung konser indoor terbesar di Korea Selatan dengan kapasitas 19.300, termasuk untuk ruang pertunjukan kecil, bioskop pemutaran film, dan masih banyak lainnya.

Saat ini, pemerintah tengah mendiskusikan pembangunan dan pendanaan untuk "Seoul Arena" dengan berbagai perusahaan konstruksi dan investasi diantaranya KDB, Future Assets, NH Investors, Daewoo Construction, Jaeil Construction, Woomi Construction, Kakao, dan berbagai perusahaan lainnya.

Pembahasan ini bertujuan untuk menyelesaikan negosiasi kontrak pada bulan Juni 2020 mendatang. Proyek ini dijadwalkan akan memulai proses pembangunan pada bulan September 2020 mendatang.  Pembangunan gedung tersebut diharapkan akan selesai pada akhir tahun 2023 mendatang. Setelah itu, gedung itu akan dibuka secara resmi pada bulan Januari 2024 mendatang.

Apa Reaksi Kamu?