Tau Gak Khasiat Mandi Sebelum Subuh?

Tau Gak Khasiat Mandi Sebelum Subuh? sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Mandi sebelum subuh atau mandi pagi secara medis sebenarnya akan mampu untuk merangsang sistem peredaran darah dan persyarafan untuk menjadi lebih aktif lagi sebagai reaksi terhadap rangsangan suhu dingin secara singkat. Dengan catatan, orang tersebut tidak dalam keadaan sakit.

Hal itu disampaikan oleh Dr. dr. Aru W. Sudoyo, MD, dokter spesialis penyakit dalam. Bahkan lanjut dr. Aru, mandi sebelum subuh memberikan efek positif  karena tubuh dicambuk oleh temperatur rendah.

Senada dengan dr. Aru, dr. Midi Hariyani, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin, juga mengamini sederet khasiat mandi sebelum subuh untuk tubuh. dr. Midi bahkan mengibaratkan mandi sebelum subuh seperti membangunkan mesin yang awalnya pelan, kemudian dinaikkan. 

"Jantung jadi terpacu untuk bangun, adrenalinnya naik, pembuluh darah jadi lebih lancar untuk bergerak, sehingga aliran darah pun menjadi lebih baik, termasuk ke kulit. Nutrisi ke kulit jadi lebih cerah karena udara dingin merangsang kestabilan metabolisme basal kita,” kata dr. Midi, di Jakarta.

Bahkan dalam sejarah beberapa bangsa Eropa, rangsangan persyarafan yang cepat seperti efek dari mandi sebelum subuh ini membuat mereka punya kebiasaan unik. 

Kebiasaan unik itu yakni menceburkan diri dalam keadaan telanjang ke dalam air es di sungai saat musim dingin tiba untuk meningkatkan kebugaran, menaikkan mood karena persyarafan yang bekerja cepat serta membantu meningkatkan kesadaran.  

Manfaat yang baik dari mandi sebelum subuh, membuatnya baik untuk dilakukan setiap hari. ”Mandi pagi ini memang dianjurkan untuk dilakukan setiap hari setelah tidur semalaman untuk membangunkan sistem persyafaran dan refleks otot,” kata dr. Aru. 

Mandi sebelum subuh juga dapat membantu lebih mempersiapkan diri di hari itu karena saat itu ritme circadian (sinyal alamiah tubuh yang menyatakan bahwa tubuh sudah waktunya bangun dan sudah waktunya tidur) sudah mulai naik, sehingga lebih siap beraktivitas di hari bersangkutan.

Adapun batasan waktu mandi sebelum subuh sama dengan mandi yang lain. Paling lama adalah dua puluh menit jika dilakukan dengan berendam. Jika terlalu lama, ujung kulit akan mengkerut karena kandungan air di kulit jadi lebih banyak akibat banyaknya kulit yang mati.