Taylor Swift Cetak Sejarah Billboard TOP 200
Foto: Pinterest

Taylor Swift Cetak Sejarah Billboard TOP 200

Senin, 7 Sep 2020 | 09:17 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Taylor Swift kembali mencetak sejarah, dengan album terbarunya ‘Folklore’. Karya ternyarnya tersebut menjadi album pertama dalam empat tahun yang merajai tangga lagu Billboard Top 200, selama enam minggu berturut-turut.

Melansir Billboard, album kedelapan Taylor Swift ini telah terjual 90.000 unit di Amerika Serikat, menurut Nielsen Music/MCR Data. Perolehan ini, membuat ‘Folkore’ mengalahkan album milik Drake pada tahun 2016 lalu.

Selain itu, pencapaian yang didapatkan oleh Swift membuat dirinya berada di posisi yang sama dengan Whitney Houston, untuk minggu-minggu paling kumulatif di posisi nomor satu penyanyi wanita.

Album ‘Folklore’ ditulis dan direkam oleh penyanyi berusia 30 tahun ini, saat menjalani karantina selama pandemi virus corona. Ketika dirilis pada 24 Juli lalu, ia berhasil memberikan kejutan yang tidak terduga kepada para penggemarnya.

Album tersebut memiliki 16 lagu di dalamnya, yang ditulis sendiri oleh Swift. Dalam pembuatan album ini, pelantun ‘cardigan’ tersebut bekerja sama dengan Jack Antonoff dan Aaron Dessner yang bertindak sebagai produser.

Menurut Entrtainment Weekly, ‘Folklore’ sudah banyak memecahkan rekor seperti Guinness World Record untuk pembukaan terbesar sebuah album oleh artis wanita di Spotify, setelah diputar lebih dari 80 juta kali dalam satu hari. Tak hanya itu, album ini juga telah terjual 846.000 eksemplar dalam tujuh hari perilisannya.

Taylor Swift kemudian menjadi artis wanita pertama yang memiliki tujuh album debut di posisi No. 1. Belum lama ini, ia juga mencetak sejarah setelah video musik yang disutradarainya, ‘The Man’, menang di ajang penghargaan MTV VMA 2020 untuk kategori Best Direction.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...