Taylor Swift Cetak Sejarah Spotify Lewat Album 'Folklore'
Foto: Rolling Stone

Taylor Swift Cetak Sejarah Spotify Lewat Album 'Folklore'

Senin, 27 Jul 2020 | 13:00 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Album terbaru Taylor Swift ‘Folklore’, menjadi debut album terbesar untuk seorang musisi wanita dalam sejarah Spotify, pada Jumat (24/7) lalu.

Pelantun ‘Love Story’ ini mencatat rekor setelah berhasil mengejutkan penggemar dengan berita perilisan album yang dilakukannya secara mendadak. Meskipun memiliki musik yang berbeda dari album sebelumnya, namun ‘Folklore’ berhasil menjadi hits.

Dilansir dari Aceshowbiz, ‘Folklore’ diluncurkan dengan sekitar 80 juta stream Spotify global. Prestasi ini telah berhasil melampaui Ariana Grande dengan lagu ‘Thank U, Next’ yang diputar sebanyak 70,2 juta kali pada 2019 lalu.

‘Folklore’ juga menjadi debut streaming terbesar tahun 2020, melampaui album anumerta Juice WRLD ‘Legends Never Die’. Album yang rilis pada bulan lalu itu, diputar 73 juta kali, saat hari pertama perilisiannya.

Tak hanya itu, album terbaru Swift ini juga berada di posisi 16 besar tangga lagu Spotify Amerika Serikat, dengan lagu ‘The 1’ menjadi juaranya. Lagu yang ditulis Taylor Swift dengan Aaron Dessner ini telah diputar sebanyak 4,175 juta kali dan menjadi lagu musisi wanita yang paling banyak didengarkan dalam sejarah.

Perilisan album yang dilakukan oleh Taylor Swift, dianggap sebagai sesuatu yang unik. Rolling Stone menyebutkan, bahwa bukan sesuatu yang aneh saat seorang musisi memberikan bonus lagu pada album fisik mereka.

Langkah ini diambil untuk meningkatkan daya tarik pembelian album fisik, di mana saat ini orang-orang lebih banyak mendengarkan lagu melalui layanan streaming. Berbeda dengan album-album sebelumnya, kali ini lagu bonus ‘The Lakes’ hanya diberikan oleh Taylor Swift dalam versi album deluxe dan piringan hitam, serta hanya tersedia di website taylorswift.com.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...