Telaga Warna Puncak, Antara Eksotika Alam dan Mitos 2 Ikan Purba

Telaga Warna Puncak, Antara Eksotika Alam dan Mitos 2 Ikan Purba

WinNetNews.com - Apabila sedang berwisata ke Puncak Bogor, Jawa Barat, tidak ada salahnya Anda mampir ke Telaga Warna. Di taman wisata yang terletak di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor ini pengunjung akan dimanjakan indahnya panorama alam yang khas dan unik.

Selain dapat menyaksikan fenomena alam yang penuh misteri dan nuansa mistis, juga akan disajikan keunikan air danau kecil yang berada tak jauh dari Puncak Pass ini. Sebab, air danau dapat berubah warna setiap saat. Terkadang hijau menyatu dengan warna pepohonan yang mengelilinginya, bahkan menjadi cokelat, kuning gelap hingga kuning terang.

Secara ilmiah, perubahan warna itu disebabkan oleh ganggang di telaga. Tumbuhan jenis algae ini bisa berubah-ubah warnanya sehingga air danau pun turut terlihat berubah warna.

Pendapat lain menyebutkan, 7 perubahan warna air ini akibat pantulan sinar matahari yang menyinari tumbuh-tumbuhan di sekeliling telaga.

Keistimewaan lainnya, di tempat ini terdapat berbagai jenis flora asli hutan tropika pegunungan, seperti paku tiang, rame, dan rotan. Wisatawan juga bisa menemui beraneka jenis satwa yang hidup di dalam kawasan cagar alam seluas 268,25 hektare.

Bagi wisatawan yang ingin berkeliling menikmati pesona keindahan Danau Telaga Warna, pengelola Taman Wisata Alam Telaga Warna menyediakan perahu kecil atau sepeda air.