Telinga Terasa Sakit Saat Flu? Ini Cara untuk Mengatasinya
ilustrasi

Telinga Terasa Sakit Saat Flu? Ini Cara untuk Mengatasinya

Jumat, 26 Jul 2019 | 13:48 | Rusmanto
Winnetnews.com - Ketika flu dan pilek sedang melanda, salah satu keluhan yang sering dialami selain hidung tersumbat adalah sakit pada telinga. Rasa sakit ini sebenarnya tidak terlalu intens, tapi terasa cukup mengganggu terutama saat Anda menelan sesuatu di tenggorokan. Lantas, apa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sakit pada telinga saat flu dan pilek?

Kenapa telinga bisa terasa sakit saat flu?

image0

Flu dan pilek biasanya akan sama-sama membuat saluran telinga seperti tersumbat. Itu sebabnya, Anda mungkin kerap mengeluhkan rasa sakit dan bindeng seperti sulit mendengar atau budek pada telinga saat flu dan pilek.

Keluhan tersebut biasanya semakin nyata terasa saat Anda menelan air liur, makanan, atau minuman di tenggorokan. Richard Rosenfeld, MD, MPH, selaku dosen dan ketua otorinolaringologi di State University of New York Downstate Medical Center di New York, menjelaskan penyebab kondisi tersebut.

Menurutnya, flu dan pilek bisa menimbulkan sakit telinga karena adanya peradangan akibat infeksi virus yang menyerang gendang telinga. Pasalnya, virus penyebab flu dan pilek dapat menginfeksi seluruh saluran pernapasan tubuh.

Artinya, mulai dari hidung, tenggorokan, hingga saluran eustachius yang menghubungkan telinga dan tenggorokan, juga ikut menanggung dampaknya. Virus penyebab flu dan pilek tersebut akan menyebabkan penumpukan cairan serta di dalam telinga.

Cairan dan lendir tersebut kemudian membuat saluran eustachius tersumbat. Alhasil, Anda akan mengalami sakit tenggorokan saat menelan yang kemudian turut menyebar sampai ke telinga saat flu dan pilek.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...