Teliti Dalam Batas Pemakaian Produk Kecantikan Favoritmu

Teliti Dalam Batas Pemakaian Produk Kecantikan Favoritmu

Produk kosmetik dan makeup juga memiliki batas pakai atau tanggal kadaluarsanya. Tapi seringnya kita tidak begitu memperhatikan hal tersebut. Jika sudah habis baru diganti dan jika belum habis ya masih akan terus dipakai.

Melansir dreamersradio.com, menurut Rebecca Tung, MD dari Loyola University Health System, produk kecantikan memang seringnya tidak menyertakan batas tanggal penggunaan. Tapi berikut adalah beberapa panduan umum yang bisa digunakan.

1. Maskara dan Eyeliner cair

Setiap kali kita menggunakan kedua produk tersebut, kita membiarkan bakteri masuk ke dalam tabung atau wadahnya melalui tongkat maskara atau eyeliner. Menurut Rebecca, produk ini memmiliki umur penyimpanan yang pendek dan kita harus menggantinya setiap 3 sampai 4 bulan.

2. Foundation cair

Jika disimpan dalam tempat atau ruangan yang jauh dari suhu panas, foundation cair bisa stabil hingga satu tahun. Untuk mengaplikasikannya ke wajah, sebaiknya tidak mencelupkan jari ke dalam wadah secara langsung jika memiliki kulit yang sensitif dan rawan jerawat. Gunakan kuas atau spons untuk solusi terbaik.

3. Lip gloss dan Lipstick

Tidak seperti makeup berbasis cairan, pertumbuhan bakteri dalam produk yang lebih padat ini akan lebih kurang. Amannya, kamu bisa menggunakan lipgloss selama enam bulan dan lipstick selama satu tahun.

4. Bedak

Selama bau-bau aneh belum muncul dan warnanya belum berubah, kamu masih bisa menggunakan bedak powder atau bubuk selama 18 bulan sapai dua tahun.