Teliti, Jangan Gunakan Kartu Kredit dan Debit di 5 Tempat ini

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Teliti, Jangan Gunakan Kartu Kredit dan Debit di 5 Tempat ini Sumber foto: banksentral.com
Winnetnews.com - Kegiatan dalam penggunaan kartu kredit dan debit adalah hal yang sangat biasa untuk masyarakat, khususnya untuk mereka yang tidak suka membawa uang tunai. Tetapi ada baiknya untuk tidak menggunakan kartu-kartu tersebut di sembarangan tempat karena mereka memiliki tingkat keamanan yang berisiko tinggi.

Dikutip dari huffpost.com, berikut ini adalah beberapa tempat yang harus kamu hindari ketika menggunakan kartu kredit dan debit. Penasaran? Simak terus ya.

1. Pom Bensin

Pom bensin merupakan tempat yang sering kali dikunjungi oleh orang-orang, namun tempat ini terkenal populer pula dalam hal skimming kartu. Hanya dengan cara memasang perangkat ke alat pembaca kartu untuk dapatkan semua informasi di dalam kartu tersebut saat kamu menggesek kartu kredit atau debit. Ada baiknya bayarlah dengan uang tunai ketika berada di pom bensin.

2. Restoran dan Bar

Sebelum melakukan pembayaran melalui kartu kredit atau debit, ada baiknya memperhatikan kondisi restoran dan bar secara keseluruhan. Apakah restoran atau bar di kelola dengan baik atau tidak.

3. ATM yang Terletak di Luar Bank atau Outdoor

Ketika melakukan transaksi di dalam bank, keamanan akan lebih terjamin karena dimonitori secara seksama. Sementara itu ATM yang berada di luar bank lebih cenderung tidak di monitori sehingga lebih mudah untuk dirusak dan dicuri data-data dari kartu kredit atau debitmu.

4. Kios Self-checkout

Sama seperti pom bensin, kios self checkout merupakan salah satu tempat populer untuk mesin dirusak dengan mudah. Biasanya, kios-kios ini berlokasi di tempat yang jarang atau tidak diawasi sama sekali.

5. Online

Melakukan transaksi secara online memang menjadi salah satu pilihan yang sering digunakan. Di sisi lain, para peretas akan lebih gampang untuk mendapatkan informasi kartumu dengan berbagai cara.

Gunakanlah kartu kredit dan debitmu dengan bijak, melakukan pembayaran dengan uang tunai terkadang menjadi lebih aman.

 

 

Apa Reaksi Kamu?