Telkom Bagikan Deviden Sebesar Rp 9,29 Triliun Kepada Pemegang Saham

Telkom Bagikan Deviden Sebesar Rp 9,29 Triliun Kepada Pemegang Saham

Sabtu, 23 Apr 2016 | 22:25 | contributor-one
WinNet News.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) atau Telkom, emiten operator telekomunikasi melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2015 memutuskan membagikan deviden senilai Rp 9,29 triliun kepada para pemegang saham perseroan.

Adapun rincian deviden tersebut yakni daeviden dalam bentuk tunai sebesar Rp 7,74 triliun (50% dari laba bersih ) atau Rp 78,86 per lembar saham dan deviden spesial Rp 1,55 triliun (10 % laba bersih) atau Rp 15,77 per lembar saham.

" RUPST memutuskan 60% dari laba bersih tahun buku 2015 atau senilai Rp 9,29 triliun akan dibagikan sebagai deviden dan 40% sisanya atau sebesar Rp 6,2 triliun akan digunakan untuk pengembangan bisnis perusahaan,"kata Alex J Sinaga, Direktur Utama Telkom usai RUPST di Jakarta, Jumat malam (22/04).

Selain pembagian deviden, dalam RUPST tersebut juga menyetujui perubahan Susunan Dewan Komisaris dan Dewan Direksi Perseroan. RUPST memberhentikan dengan hormat Heri Sunaryadi sebagi Direktur dan Parikesit Suprapto sebagai Komisaris Independen.

RUPST juga memutuskan mengangkat Harry M. Zen untuk menduduki posisi sebagi direktur baru serta Pontas Tambunan sebagai Komisaris baru.

Tahun 2016 ini, lanjut Alex, perseroan akan mengalokasikan belanja modal (capital expebditure/capex) sebesar 22 -25 % dari target revenue , yang sebagian besar akan digunakan untuk pengembangan bisnis seluler dan layanan data.

" Capex kami tetapkan berkisar antara 22 % hingga 25 % dari pendapatan. Tahun ini kami menargetkan pendapatan diatas rata-rata industri atau setidaknya meningkat 10% dari tahun lalu,"kata Alex.

Pendanaan capex tahun ini, kata Alex, akan diambil dari cash internal perseroan serta dari pinjaman eksternal. " Sebagian akan dialokasikan dari cash internal. Sisanya dari eksternal bisa melalui pinjaman perbankan maupun melalaui pasar modal, apalagi kami masih punya ruang untuk melakukan itu,"ujarnya.

Untuk diketahui, sepanjang tahun 2015 lalu, TLKM berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp 102, 47 triliun.

Dengan target pertumbuhan sebesar 10% maka pendapatan perseroan tahun ini diperkirakan mencapai Rp 112, 7 triliun. Sehingga nilai capex bisa mencapai Rp 28 triliun.

"Tahun ini kami kembali meneruskan fokus tiga program utamanya, yaitu Telkomsel sebagai “Leading Mobile Digital Business”, Indonesia Digital Network dengan “Drive Digital Home & Experience” , serta International Expansion menuju “Smart International Business Growth,"tutur Alex.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...