(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Telkomsel Geber Pembangunan BTS 4G di Bogor

Rusmanto
Rusmanto

Telkomsel Geber Pembangunan BTS 4G di Bogor
WinNetNews.com - Teknologi jaringan internet 4G LTE Telkomsel memang sudah merambah hingga ke Bogor sejak digelar di frekuensi 900 MHz awal tahun 2015. Pun demikian, operator yang identik dengan warna merah ini mengaku masih punya pekerjaan rumah bila menyangkut cakupan area 4G LTE.

Pasca refarming 4G LTE di frekuensi 1.800 MHz, Telkomsel langsung tancap gas memperkuat sekaligus memperluas cakupan sinyal 4G LTE di kota sekitar Jakarta. Di kota yang dikenal dengan sebutan Kota Hujan ini mengaku telah menyiapkan ratusan Base Transceiver Station (BTS) atau eNodeB 4G guna mengakomodir kebutuhan sinyal 4G pelanggannya.

"Kota Bogor ini masuk ke dalam prioritas P1 Telkomsel, dimana pelanggan kota ini memiliki konsumsi data yang tinggi, ketersediaan handset 4G yang siap, dan point of interest (POI) yang ditandai dengan banyaknya kawasan hiburan. Maka dari itu, kami tak segan untuk menancapkan ratusan BTS di sana," tutur Moelky Furqan, General Manager ICT Operation Regional Jabodetabek Telkomsel kepada detikINET di Bintaro, Kamis (23/12/2015).

Mengacu dari informasi Moelky, pihak Telkomsel telah menyiapkan 110 BTS eNodeB 4G untuk mengakomodir jaringan 4G di Bogor dan sekitarnya. Namun saat ini baru menyala atau on air baru sekitar 58 BTS.

Ini artinya 4G Telkomsel baru menjangkau sekitar 50% coverage area di Bogor. "Dari 58 BTS yang sudah on air tadi, kami berencana untuk merampungkannya paling lambat bulan Februari 2016. Jika sudah rampung, maka persentase coverage area bisa bertambah hingga 80%," lanjut Moelky.

Adapun, coverage area 4G Telkomsel dikatakan tak hanya berada di Bogor Kota. Kawasan pinggiran Bogor, seperti Cisarua, Taman Safari, hingga Puncak Pass pun diklaim sudah terkondisi oleh jaringan 4G. Kecepatan yang ditorehkan dikatakan mampu mencapai 48,79 Mbps dan upload 22,57 Mbps.

Begitupula dengan daerah pemukiman yang meliputi Taman Cimanggu, Jasmine Garden, Pakuan Indah, Perumahan Taman Kencana, Bogor Lake Side, hingga Perumahan Tajur Pakuan. Sedangkan untuk pusat perbelanjaan yang artinya menggunakan BTS indoor, Telkomsel meletakkannya di tempat-tempat seperti Botani Square, Plaza Jambu 2, dan Lippo Ekalokasari Plasa.

disadur dari situs detik inet

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});