(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Telkomsel Serius Kembangkan Jaringan 4G-LTE di Wilayah Tanggerang

Rani
Rani

Telkomsel Serius Kembangkan Jaringan 4G-LTE di Wilayah Tanggerang

WinNetNews.com - Padatnya penduduk Tangerang dan Tangerang Selatan sebagai kota penyangga Jakarta membuat Telkomsel serius dalam menggelar jaringan 4G LTE-nya di kawasan ini. Untuk dua kawasan ini, operator plat merah itu sudah menyiapkan ratusan base transceiver station (BTS) eNodeB 4G untuk melayani penggunanya di daerah tersebut.

"Total kami sudah menyiapkan 344 eNodeB 4G untuk wilayah Tangerang dan Tangerang Selatan (sekitar 80% cakupan area). Namun, karena masih dalam progres, saat ini baru 169 eNodeB yang on air," papar Moelky Furqan, General Manager ICT Operation Regional Jabodetabek Telkomsel dilansir dari Detik.

Lebih lanjut Moelky mengatakan jika target 344 eNodeB 4G Telkomsel itu akan rampung dalam waktu beberapa bulan. "Niatnya sih sampai akhir tahun. Tapi kalau tidak terkejar, kami menargetkan rampung hingga bulan Februari 2016," ujar Moelky kemudian.

Dengan 169 eNodeB yang sudah on air tadi, ini artinya baru 50% kawasan Tangerang dan Tangerang Selatan yang sudah tercover oleh jaringan 4G, termasuk juga di Bintaro. Di kawasan pinggiran kota Jakarta ini, Telkomsel membangun sekitar 18 eNodeB 4G.

Cakupan eNodeB Telkomsel sendiri meliputi beberapa area, yakni indoor dan outdoor. Untuk indoor, Telkomsel menaruhnya di pusat-pusat keramaian, seperti Mall Karawaci, Bintaro Jaya Xchange Mall, Living World, Summarecon Mall Serpong,dan Tangerang City.

Dari kesemua tempat tadi, tim detikINET sempat melakukan pengujian di Bintaro Jaya Xchange Mall. Hasilnya cukup mengagumkan, dimana kecepatan download yang diperoleh mencapai 26,17 Mbps dan upload hingga 21,45 Mbps.

Sementara untuk coverage di outdoor, Telkomsel menjamin cakupan 4G-nya merangkul sejumlah kawasan pemukiman penduduk, seperti Bintaro Sektor 1, Sektor 2, sebagian Sektor 3, Sektor 3A, Sektor 4, Sektor 5, Sektor 6, Sektor 7, Sektor 8, Puri Bintaro, hingga Permata Bintaro. Sinyal 4G pun hadir di BSD dengan area seperti BSD Delatinos, The Green, hingga CBD BSD City.

Sementara untuk tempat menimba ilmu, seperti Universitas Pelita Harapan, Binus, dan Swiss German University Telkomsel mengaku memang tidak memasang eNodeB untuk indoor. "Memang untuk kampus dan sekolahan, masih bisa diakomodir oleh cakupan eNodeB outdoor. Sehingga kami merasa tidak perlu untuk memasang eNodeB indoor," terang Moelky.

Setali tiga uang dengan coverage indoor, coverage outdoor 4G Telkomsel pun tak kalah mengagumkan. Dari hasil pengujian yang dilakukan oleh detikINET, hasil download di salah satu pemukiman mencapai 41,92 Mbps dan upload mencapai 22,95 Mbps. 

Disadur dari detik.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});