Teluk Kiluan

Teluk Kiluan

Teluk Kiluan berada di Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus, Lampung Selatan. Jaraknya kurang lebih 80 kilometer dari kota Bandar Lampung. Di tempat wisata ini, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan. Selain berfoto, tentu saja, Anda pun bisa berenang di hijaunya air pantai Pulau Kiluan. Menyaksikan lumba-lumba juga akan menjadi daya tarik yang tak terlupakan. Dan menurut sejumlah informasi, Teluk Kiluan merupakan wilayah dengan populasi lumba-lumba terbanyak di Asia Tenggara.

Kira-kira Perjalanan Jakarta-Merak ditempuh selama dua jam. Itu pun ngebut. Dari Merak ke pelabuhan Bandar Lampung berkisar 3 jam. Sedangkan dari Bandar Lampung ke Kiluan menempuh perjalanan selama lima jam. Pemandangan di sekitar kota Lampung cukup menarik. Banyak pantai yang masih alami di sana, dimana pasir putih banyak dijumpai. Satu sisi yang lain ada pemandangan pegunungan, di sisi seberang jalan lainnya dapat memandang pantai yang bagusnya luar biasa.

Jadwal Dolphin tour adalah sekitar jam 6 pagi, dimana lumba-lumba mulai berenang bebas di laut lepas. Harus ada unsur keberuntungan untuk melihat lumba-lumba tersebut. Lumba-lumba muncul gerombolan sekali datang. Biasanya, lumba-lumba baru mau muncul apabila ombak tenang, tidak terlalu besar, dan air laut yang hangat. Kata penduduk lokal, kalau musim hujan lumba-lumba sangat jarang dapat dijumpai. Apalagi kalau sudah terlalu banyak orang, susah sekali bertemu hewan mamalia tersebut.

Setelah sampai di gerbang “Welcome to Teluk Kiluan”, terlihat laut yang dikelilingi oleh pegunungan hijau. Gradasi warna air laut yang indahnya luar biasa, dari warna bening – hijau toska – biru muda – biru tua.

Rasanya ingin berenang terus!

Wisata alam Teluk Kiluan di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, cocok bagi Wisatawan yang gemar berpetualang. Topografinya yang berbukit dan berlembah menarik untuk dijelajahi. Perjalanan menuju Teluk Kiluan sudah merupakan tantangan tersendiri bagi Wisatawan. Jalan darat di Pesisir Barat Sumatera itu belum terlalu mulus sehingga perlu keterampilan dalam mengemudikan Kendaraan Bermotor untuk melewatinya.

Ini lah kiranya perjalanan hancur yang harus dilalui sebelum sampai teluk kiluan, tapi sesudah itu terbayar oleh pemandangan yang luar biasa..