Teman Ahok Lakukan  Deparpolisasi?

Teman Ahok Lakukan Deparpolisasi?

Kamis, 10 Mar 2016 | 16:19 | kontributor
WinNetNews.com - Basis relawan pendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Teman Ahok disebut oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan (PDIP) DKI Prasetio Edi Marsudi telah melakukan deparpolisasi atau peniadaan peran partai politik.

Hal itu didasari dengan ngototnya Teman Ahok untuk mencalonkan mantan Bupati Belitung Timur itu secara independen dengan cara mengumpulkan KTP. Hal ini lantas jadi preseden buruk dalam menjaga hubungan Ahok dengan partai-partai yang berniat mendukungnya di Pilgub DKI Tahun 2017.

Wakil Ketua DPR RI itu belum mau menyimpulkan apakah Ahok maju lewat jalur yang mengatasnamakan anti-politik. Sebab, Undang-Undang (UU) memang menyediakan wadah bagi seseorang untuk maju secara independen.

"Kalau itu hak dia (Ahok) terserah. Siapapun setiap individu sudah ada jalurnya. Tapi kalau ada usaha deparpolisasi, kan istilah deparpolisasi itu kan adalah usaha meniadakan partai politik. Tapi kalau mau melakukan suatu kontestasi melalui jalur independen kan memang disediakan UU kita," tegasnya.

Suami Veronica Tan itu sendiri membantah bahwa relawannya itu anti-partai. Kata dia, Teman Ahok hanya ingin memastikan jagoannya tak terjegal oleh dinamika pencalonan di parpol yang begitu cepat berubah.

 

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyebut upaya deparpolisasi adalah hal yang keliru. Pasalnya, tidak ada demokrasi yang terbangun tanpa parpol.

"Itu di seluruh dunia berlaku. Tidak ada demokrasi tanpa partai politik. Sehingga kalau ada yang kurang baik dari partai politik, ya partai politik yang harus diperbaiki," kata Fadli di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Baca juga: 5 Kondisi Indonesia Akibat Parpolisasi

Menurut Fadli, upaya deparpolisasi menunjukkan gagal pahamnya seseorang atau kelompok tentang hakikat demokrasi. Sikap anti-parpol bahkan mengarah pada rezim yang otoriter.

"To‎talitarianisme dan otoriterinisme itu dibangun karena tidak ada kekuasaan dari sebuah wadah demokrasi yang paling penting yaitu partai politik. Karena di dalam partai politik adalah organisasi untuk melakukan suatu rekrutmen dari rakyat untuk mewakili rakyat," sebut Fadli.

Sumber: Okezone

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...