(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tempat Makanan Enak di Jakarta yang Tidak Boleh Dilewatkan Pecinta Kuliner Nusantara

Oky
Oky

Tempat Makanan Enak di Jakarta yang Tidak Boleh Dilewatkan Pecinta Kuliner Nusantara Sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com - Setiap orang diciptakan berbeda. Mulai dari warna kulit, ukuran tubuh, kaki, sampai urusan lidah pun tidak ada yang sama. Ada yang senang dengan menu-menu Eropa dan western, ada juga yang doyan kuliner oriental, khas Asia Timur.

Tapi kalau kamu butuh menikmati makanan enak di Jakarta yang mengusung semangat kebangsaan, coba cek rekomendasinya di bawah ini.

Tempat-tempat makan dengan sajian khas Indonesia dan rasa yang membumi. Bakal bikin kamu kagum dan menyadari bahwa dunia kuliner Tanah Air begitu kaya.

1. Plataran Dharmawangsa

Plataran Dharmawangsa siap menyambut kamu dengan berbagai menu masakan khas Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, semua ada di sini.

Kalau nggak percaya, datang dan coba menu Bebek Manggis Curry nan magis. Dijamin makan sambil meringis saking gurihnya kuah kari.

Buat yang senang dengan masakan khas Minang, boleh coba Dendeng Batokok dengan sambalado-nya yang bikin terkesiap di setiap gigitan.

2. Bunga Rampai

Masih belum puas dengan Dendeng Batokok-nya Plataran Dharmawangsa? Sepertinya kamu harus datang ke Bunga Rampai.

Salah satu tempat makanan enak di Jakarta yang mengusung menu-menu warisan leluhur.

Sebagian dari menunya merupakan nasi bakar dengan kombinasi-kombinasi menarik yang membedakan antara satu kuliner dengan lainnya.

Selain Nasi Bakar Jagung, boleh juga dicoba Nasi Bakar Jamur atau Nasi Bakar Ikan Asin.

Sebagai pelengkap makan siang atau malam, rasakan kesegaran menu-menu berkuah, seperti Asam-Asam Iga, Asam-Asam Laut, atau Soto Alamanda.

3. Kembang Goela

Kalau ingin mencicipi kelezatan khas Betawi, sempatkan diri untuk duduk di meja makan Kembang Goela.

Sebuah restoran di Plaza Sentral, Sudirman, Jakarta, yang menawarkan berbagai menu khas Jakarta.

Dimulai dari hidangan pembuka, seperti Lumpia Sayur, Otak-Otak Meja Bundar, atau Asinan Sayur Nyai Dasimah, kamu bisa lanjutkan ke menu utama yang menggoda selera.

Beberapa rekomendasinya, seperti Sop Buntut Nyonya Kecil yang terlihat sederhana, tapi begitu dicicip kuahnya rasa lezat langsung menyebar ke mana-mana.

Boleh juga mencoba Ayam Mevrow Lientje, yang merupakan ayam bakar, dibalut dengan bumbu rendang. Membayangkan saja sudah bikin ludah menari liar di dalam mulut.

Kalau sudah tidak sabar dengan kenikmatan yang dijanjikan Kembang Goela, segera kunjungi restorannya.

4. Tugu Kunstkring Paleis

Tempat makanan enak di Jakarta dengan sensasi rasa Indonesia, dibalut nama-nama Belanda. Setidaknya, seperti itulah kesan yang didapatkan ketika pertama kali datang ke Tugu Kunstriking Paleis.

Coba bayangkan, bagaimana cara ngomong nama menu-menu, seperti Kaas Croquetjes met Kip, atau Bruinebonen soep met Ossestaart? Well, kalau fasih berbahasa Belanda mungkin bukan masalah untuk melafalkannya. Tapi buat yang lidahnya asli Indonesia pasti butuh perjuangan ekstra keras untuk bisa mengucapkan menu-menu tersebut.

Terlepas dari nama-nama menu yang agak sulit dilafalkan, tempat makanan enak di Jakarta ini punya lokasi strategis, di daerah elit Menteng.

Sebuah tempat yang unik karena jadi satu dengan Galeri Seni Kunstkring. budget rata-rata setiap makannya sekitar Rp. 500.000 per dua orang.

5. Restoran Garuda Padang Hayam Wuruk

Buat orang Indonesia, Rumah Makan Padang itu sudah menjadi darah daging.

Biar pun orang Jawa, Papua, Kalimantan, Sulawesi, bahkan Bali sekali pun bakal cocok kalau makan di restoran Padang.

Nah, kalau tempat makanan enak di Jakarta yang menyediakan menu-menu khas Melayu dan Sumatera Barat, kamu wajib coba Restoran Garuda Padang yang berada di Jalan Hayam Wuruk.

Menu-menunya juga pasti tidak asing lagi buat kamu. Sepiring nasi hangat, disajikan bersama setumpuk lauk, seperti Ayam Rendang, Rendang Daging, Gulai Ikan, Kepala Ikan, hingga Sambal Pete sebagai teman bersantap.

Soal harga, tentunya juga meng-Indonesia, asalkan kamu tidak ambil dan cicipi semua lauk yang tersaji di meja makan. Tak perlu khawatir kelaparan di malam hari karena Restoran Garuda ini buka 24 jam.

6. Depot Surabaya

Untuk yang kangen dengan masakan Jawa, wajib mampir di Depot Surabaya.

Tempat makan di sekitar Grogol, Jakarta ini bakal mengobati kerinduan akan masakan-masakan khas Jawa Timur.

Menu-menu, seperti Rawon, Rames, Soto Madura, Lontong Cap Go Meh, hingga Tahu Telor mungkin akan membuatmu sedikit terharu karena ingat akan kampung halaman.

7. Wiro Sableng 212 Kelapa Gading

Tapi ternyata Wiro Sableng bukan melulu soal pendekar silat pembela kebenaran. Ada Wiro Sableng lain yang siap membelamu dari rasa lapar, yaitu sebuah restoran dengan nama yang sama di bilangan Kelapa Gading, Jakarta.

Fokus restoran yang terdapat di Kelapa Gading, Jakarta, adalah hidangan-hidangan sari laut (seafood). Mulai dari Baronang Bakar, Ikan Kuwe (Trevally), hingga Kepiting Soka siap membuat santap siang atau malam kamu jadi lebih berwarna.

8. Talaga Sampireun Restaurant Ancol

Buat yang sedang jalan-jalan di Taman Impian Jaya Ancol, kalau rasa lapar menghantui di tengah petualanganmu, hapus dengan bersantap di Talaga Sampireun.

Restoran dengan menu-menu khas Sunda ini bakal membuat liburanmu di salah satu taman bermain terbesar di Indonesia tersebut jadi lebih bermakna.

Talaga Sampireun siap bikin lidah kamu bergoyang dengan berbagai menunya. Ada Ayam Goreng Asam, Ayam Bekakak, Iga Bakar Penyet, atau Kepiting Bakar Daun yang menggoda selera.

Tersedia juga berbagai pepesan dan sambal yang akan membuat bersantap jadi lebih nikmat.

Agar tidak ragu lagi untuk memilih restorannya, sebelum bersantap, cek dulu informasi lebih lengkapnya di Traveloka Eats.

Temukan foto-foto, ulasan pengunjung, hingga rekomendasi menu terbaik oleh orang-orang yang sudah pernah datang ke restoran, hanya dengan sentuhan jari.

Tinggal buka aplikasi Traveloka di smartphone, pilih menu Eats, dan temukan restoran favoritmu.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});