Pemerintah Siapkan Tenaga Kesehatan untuk  Asian Games 2018 Berstandar Internasional
ilustrasi

Pemerintah Siapkan Tenaga Kesehatan untuk Asian Games 2018 Berstandar Internasional

Rabu, 4 Apr 2018 | 11:58 | Rusmanto

WinNetNews.com - Menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia melakukan persiapan di berbagai bidang, salah satunya di bidang kesehatan. 

Dalam hal ini, Kementerian Kesehatan RI mengerahkan 1.400 tenaga kesehatan, meliputi 407 dokter, 813 perawat, dan 180 fisioterapis. Pada hari Rabu (4/4/2018), 400 tenaga kesehatan melakukan simulasi tersebut di lapangan Kemenkes, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan.

"Simulasi gawat darurat yang mungkin terjadi. Ini bagian dari rangkaian setelah kita latihan di 2017. Ini pelatihan pertama kalinya di Indonesia yang menggaungkan berbagai pengetahuan terkait kegawatdaruratan," ujar Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes, drg Kartini Rustandi, MKes.

drg Kartini mengatakan bahwa panduan untuk penanganan kegawatdaruratan pada atlet di Asian Games nantinya akan berstandar internasional dan bersumber dari komite Asian Games. Panduan ini pun sudah dilaksanakan pada saat simulasi.

"Tenaga dokter harus punya sertifikat khusus. Dalam pelatihan ini digabungkan perawatan rutin dan kegawatdaruratan khusus," tambahnya.

Kemenkes berharap, dengan adanya simulasi ini para tenaga kesehatan dapat bekerja secara profesional dan optimal dalam menangani para atlet yang mengalami cedera saat bertanding.

"Kurikulum mudah-mudahan bisa dipergunakan untuk semua event. Ini kurikulum terintegrasi berbagai kasus kegawatdaruratan. Atlet adalah aset negara, kalau penaganan tidak baik nanti cedera dan tidak bisa jadi atlet lagi," tandasnya. (detikhealth)
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...