Tepi danau kawah merapi Kerid Dinilai Paling Fotogenik!

Tepi danau kawah merapi Kerid Dinilai Paling Fotogenik!

WinNetNews.com - Sebuah kawah gunung berapi yang membentuk danau terletak di daerah Grimsnes, banyak didatangi wisatawan. Kawah yang bernama danau Kerid ini merupakan salah satu wujud kawah gunung berapi yang paling fotogenik.

Danau yang juga disebut Kerid ini terletak di di sepanjang jalur wisata lingkaran emas dan memiliki pemandangan luar biasa indahnya. Sehingga para wisatawan yang melintas banyak yang berhenti untuk

image0

Kawah danau terbentuk oleh letusan gunung berapi sekitar 3.000 tahun yang lalu. Kemudian salah satu dari beberapa kawah vulkanis yang terdapat di daerah itu dikenal sebagai zona vulkanik Islandia bagian barat. Kawasan itu mencakup semenanjung Reykjanes dan glester Langjokull.

Tapi pemandangan danau Kerio menjadi kawah yang paling mudah dikenali karena memiliki kaldera yang masih utuh. Kaldera terbentuk dengan kedalaman sekitar 55 meter dengan lebar 170 meter. Sedangkan secara keseluruhan mencakup 270 meter dengan materi berupa batu-batu gunung berapi.

image1

Seperti pada umumnya, batu kaldera berwarna merah akibat lava yang telah teroksidasi oleh air tanah. Sedangkan sebagaian besar kawah berdinding curam dengan vegetasi yang sangat kecil.

Salah satu dinding yang berbentuk miring, diselimuti dengan lumut tebal yang membuat para pelancong mudah menuruni kawah itu. Sedangkan, di tengah-tengah kawah terdapat kolam dengan air biru yang memiliki kualitas sama baiknya dengan air tanah.