Terancam Absen Panjang Bela PSIM Yogyakarta, Hendika Arga Alami Cedera ACL
Gelandang PSIM Yogyakarta, Hendika Arga, saat menjalani latian terpisah di Lapangan Tamanan, Banguntapan, beberapa waktu lalu. ( Tribun Jogja/ Hanif Suryo )

Terancam Absen Panjang Bela PSIM Yogyakarta, Hendika Arga Alami Cedera ACL

Minggu, 21 Jul 2019 | 15:24 | Muchdi

Winnetnews.com -  Gelandang PSIM Yogyakarta, Hendika Arga Permana, terancam harus mengakhiri musim Liga 2 2019 lebih awal.

Hal itu setelah Arga diketahui menderita cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) yang didapat ketika timnya dikalahkan tamunya Persik Kediri di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (1/7/2019) lalu.

Saat melawan Persik, pemilik nomor punggung 8 itu mengerang kesakitan pada akhir babak pertama tepatnya menit ke-37, setelah mengalami benturan keras dengan pemain lawan.

Dia pun tak bisa melanjutkan permainan dan meninggalkan lapangan dengan ditandu dan tempatnya pun digantikan Rudiyana saat itu.

Fisioterapis PSIM, Wildan, mengungkap tiga pekan setelah cedera kondisi Arga mulai membaik dan tak lagi mengenakan kruk untuk alat bantu.

Hanya saja, untuk proses pemulihan belum ditentukan apakah bakal mengambil pilihan untuk operasi atau tidak.

"Untuk kondisi Arga memang masih fifty-fifty, antara operasi atau tidak. Di awal kita periksa di dokter khusus orthopedi di Klaten dan ketika itu dianjurkan untuk operasi. Lalu ada second opinion, kita coba ke dokter spesialis orhopedi yang lain, dikatakan bisa pulih tanpa perlu operasi, begitu," ujar Wildan.

Lebih lanjut, Wildan menjelaskan, masa pemulihan yang dibutuhkan pasien cedera ACL jika menjalani operasi adalah 7 bulan.

Sedangkan jika tidak memilih operasi, masa pemulihan memang akan lebih singkat yakni hanya 2 bulan.

Dijelaskannya, hal ini mungkin karena otot ACL yang putus memang tidak disambung.

"Kalau tidak operasi mungkin waktu pemulihan cederanya sekira 2 bulan, sedangkan kalau operasi bisa absen sampai akhir musim. Rencananya, kita akan konsultasi ke satu dokter orthopedi lagi untuk konsultasi, semoga yang terbaik untuk Arga sehingga lekas come back bersama tim," ujarnya.

Adapun untuk Arga, sejauh ini Wildan menilai kondisi fisiknya sudah jauh lebih baik dibandingkan ketika awal mendapat cedera.

Meski, sejauh ini jebolan SSB MAS tersebut masih menjalani latihan secara terpisah.

"Untuk kondisinya sejauh ini bagus, dia sudah berlatih terpisah untuk menjaga massa ototnya. Jalannya pun sudah seperti biasa dan tidak lagi pincang. Perkembangannya bagus, doakan semoga lekas pulih," ujarnya.

Sementara mengenai kondisi pemain lainnya, Wildan mengatakan satu pemain yaitu Rudiyana, menderita cedera ringan seusai laga kontra Persatu Tuban, Sabtu (20/7/2019) kemarin.

Meski demikian, eks pemain Persib Bandung itu diyakini tetap dapat tampil saat Laskar Mataram di jamu Madura FC, Rabu (24/7/2019) mendatang.

"Kemarin Rudiyana yang mengalami cedera ringan, sepertinya bukan cedera yang serius," tandasnya.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul “Hendika Arga Alami Cedera ACL dan Terancam Absen Panjang Bela PSIM Yogyakarta”

Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...