Terapi Kerokan Dari Berbagai Dunia

Terapi Kerokan Dari Berbagai Dunia

WinNetNews.com – Beberapa orang mempercayai “kerokan” dapat menghilangkan sakit masuk angin. Tidak semua orang menyukai cara itu. Tapi, apakah ini hanya budaya orang Indonesia saja?

Melansir laman okezone, terapi kerokan atau dalam bahasa asing disebut coining atau cao gio oleh orang-orang Asia Tenggara adalah bentuk pengobatan alternatif yang dipraktikkan banyak masyarakat. Tidak hanya Indonesia, ini juga dipraktikkan di Vietnam, Kamboja, dan Laos.

Kerokan dianggap efektif jika menghasilkan tanda kemerahan menonjol yang biasanya bisa bertahan beberapa hari. Dikatakan bahwa lebih kemerahan merupakan indikator bahwa keparahan kondisi bisa disembuhkan.

Istilah Cao gio diterjemahkan sebagai ‘menangkap angin’. Dalam budaya Asia Tenggara, penyakit yang diyakini disebabkan oleh ‘masuk angin’ diyakini dapat melepaskan kelebihan ‘angin’ dan memulihkan kesehatan, serta keseimbangan fisik dan mental. Budaya terapi ini meyakini bahwa ketidakseimbangan tubuh bisa karena faktor kondisi fisiologis, seperti stres atau kelelahan yang dapat disebabkan oleh faktor-faktor intrinsik seperti gizi buruk atau paparan ‘angin’ berlebih.