Terapi Musik bagi Penderita Penyakit Parkinson
ilustrasi

Terapi Musik bagi Penderita Penyakit Parkinson

Minggu, 24 Mei 2020 | 06:35 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Parkinson’s disease atau penyakit Parkinson merupakan kelainan pada sistem saraf progresif yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk menggerakkan tubuhnya. Gejala penyakitnya muncul secara perlahan dan jika sudah mencapai stadium akhir, pasien mungkin akan memerlukan operasi. Namun, pasien juga bisa menjalankan terapi sebagai alternatif pengobatan. Salah satu terapi yang dapat diterapkan untuk pasien penyakit Parkinson adalah terapi musik.

Pengaruh terapi musik untuk pasien penyakit Parkinson

image0

Dalam pengobatan penyakit Parkinson, di samping perawatan medis, pasien juga sangat dianjurkan untuk menjalani terapi komplementer yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Biasanya, terapi yang digunakan pada pasien Parkinson meliputi latihan yang akan mendorong tubuh untuk lebih banyak bergerak seperti tinju, yoga, dan taichi. Namun, kegiatan lain yang menyangkut sisi kreatif dan seni seperti terapi musik nyatanya juga tak kalah penting untuk pasien Parkinson.

Musik memberikan manfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Musik juga mampu memberikan perubahan pada emosi seseorang.

Terapi musik dapat menjadi salah satu metode alternatif penting yang dianjurkan untuk para pasien Parkinson karena efeknya yang dapat memperbaiki suasana hati.

Perlu diketahui, penyakit Parkinson tidak hanya berdampak pada kemampuan gerak tubuh, tapi juga sifat kognitif dan keadaan psikologis pasien.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...