Terasa Kena Strum Saat Menyentuh Seseorang? Ini Penjelasannya
ilustrasi

Terasa Kena Strum Saat Menyentuh Seseorang? Ini Penjelasannya

Rabu, 16 Sep 2020 | 11:53 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Pernahkah Anda merasa seperti tersengat listrik ketika bersentuhan dengan orang lain? Tenang, Anda tidak sendirian. Banyak orang melaporkan sensasi seperti tersetrum listrik ketika menyentuh kulit atau pakaian orang lain. Yang sebenarnya Anda rasakan adalah dampak dari hantaran listrik statis. Namun, beberapa orang tertentu memang lebih sering terasa nyetrum ketika disentuh. Mengapa bisa begitu, ya? Langsung saja cari tahu jawabannya di bawah ini.  

Bagaimana seseorang bisa nyetrum ketika disentuh?

Tanpa Anda sadari, tubuh manusia adalah salah satu medan listrik yang alami. Di dalam tubuh, listrik berfungsi untuk mengatur berbagai fungsi organ, mulai dari otak hingga jantung. Listrik dalam tubuh Anda berasal dari atom yang terdiri dari tiga elemen utama, yaitu proton, elektron, dan neutron. Proton mengandung muatan positif, elektron mengandung muatan negatif, dan neutron mengandung muatan yang netral.

Dalam kondisi yang ideal, sebuah atom mengandung muatan positif dan negatif dalam jumlah seimbang. Namun, bila atom-atom dalam kulit Anda kelebihan elektron, Anda akan menghantarkan muatan negatif. Begitu juga sebaliknya kalau Anda kelebihan proton. 

Anda mungkin masih ingat pelajaran IPA di sekolah, bahwa muatan negatif selalu bergerak ke arah muatan positif. Pertemuan dan perpindahan kedua muatan ini menyebabkan reaksi statis seperti sengatan listrik.

Maka, kalau atom kulit Anda kelebihan elektron dan Anda bersentuhan dengan seseorang yang kelebihan proton, muatan negatif Anda akan bereaksi dengan muatan positif orang lain. Inilah yang membuat Anda merasa orang tersebut nyetrum ketika disentuh.  

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...