Terawan Klaim Vaksin Nusantara Sudah Diakui Dunia Cegah Covid-19
Mantan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto (Foto: ANTARA)

Terawan Klaim Vaksin Nusantara Sudah Diakui Dunia Cegah Covid-19

Senin, 19 Jul 2021 | 11:21 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Mantan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengklaim vaksin Nusantara telah diakui negara-negara di dunia untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Hal tersebut disampaikannya dalam diskusi berjudul  'Perang Biologis Pandemi Covid-19: Lessons Learned and Efforts to Reinforce health Security to Accelerate Covid-19', Minggu (18/7).

Terawan mengaku senang karena RSPAD Gatot Subroto sebagai rumah sakit kepresidenan mampu mengembangkan vaksin Nusantara atau dendritic cell vaccine immunotherapy.

"Sekarang di seluruh dunia sedang membicarakannya, termasuk terakhir dari New York dan sebagainya, karena sudah terbit jurnal PubMed. Itu isinya adalah dendritic cell vaccine immunotherapy atau Vaksin Nusantara, the beginning of the end cancer and Covid-19,” ujar Terawan.

"Artinya apa? Dunia sepakat punya hipotesis bahwa yang menyelesaikan hal ini termasuk Covid-19 adalah dendritic cell vaccine immunotherapy atau Vaksin Nusantara," lanjutnya.

Ia pun menegaskan bahwa vaksin Nusantara aman digunakan.

“Itu sangat safety karena kita sudah lama berkecimpung dalam pembuatan dendritic cell vaccine immunotherapy itu, dengan tim dokter Nyoto selaku moderator, bersama-sama dengan kita sudah mengembangkannya jauh-jauh hari untuk penanganan kanker,” kata Terawan.

Terkait dengan banyaknya varian virus corona saat ini, Terawan menjelaskan vaksin Nusantara memiliki kelebihan mampu menyesuaikannya

"Kita hanya mengubah antigennya menjadi antigen artifisial atau antigen rekombinan Covid-19. Artinya apa? Artinya kita bisa menyesuaikan kapan saja. Mau mutasi kayak apa bisa kita sesuaikan," paparnya.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...