Terbang ke Ternate Hanya Untuk Melihat Gerhana Matahari

Terbang ke Ternate Hanya Untuk Melihat Gerhana Matahari

Selasa, 8 Mar 2016 | 06:57 | Rusmanto
WinNetNews.com - Turis asing pemburu gerhana terus mengalir ke Ternate, Maluku Utara. Ternate akan dilintasi gerhana matahari total pada 9 Maret 2016.

Salah satu dari wisatawan mancanegara itu adalah John, warga Amerika Serikat. Ia terbang dari Nigeria ke Ternate hanya untuk menyaksikan gerhana matahari total.

"Hari ini saya baru tiba di Ternate. Luar biasa indahnya. Saya baru pertama kali ke sini," kata John yang ditemui di Taman Nukila, Jalan Pahlawan Revolusi, Ternate, Selasa (8/3/2016).

"Saya penasaran akan gerhana matahari." imbuhnya.

John berencana menghabiskan empat hari di Ternate. Ia menilai Ternate sangat menarik dan indah. "Saya senang berada di sini. Ternate oke," ujarnya.

 

John berharap pengamatan gerhana akan sukses dan cuaca tetap panas terik seperti beberapa hari terakhir. Ternate dilintasi gerhana matahari yang totalitasnya berlangsung selama 2 menit 36 detik mulai pukul 09.52 WIT.

Jika kemarin cuaca di Ternate cerah, maka ramalan cuaca BMKG terkini per 7 Maret 2016 memprakirakan akan mendung. Prakiraan ini berubah dari sehari sebelumnya yang cerah namun berawan.

Ternate dan sekitarnya diharapkan akan cerah pada hari gerhana karena menjadi salah satu lokasi terbaik pengamatan gerhana dengan posisi matahari sudah tinggi. Gerhana matahari total di Ternate akan disiarkan secara live streaming oleh BMKG. Live streaming ini bisa disaksikan di situs BMKG dan juga di detikcom mulai pukul 06.30 pada 9 Maret 2016.

disadur dari situs detik news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...