(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Terbaru Dari Kawasaki ZX-10R Hadir dengan Segudang Teknologi Anyar

Muchdi
Muchdi

Terbaru Dari Kawasaki ZX-10R Hadir dengan Segudang Teknologi Anyar

WinNetNews.com - Diperkenalkan pada publik Kawasaki akhirnya secara resmi membuka selubung dari superbike ZX-10R , Setelah sempat merilis teaser yang menampilkan potongan sosok ZX-10R, dan. Meskipun secara sekilas mirip dengan model saat ini, Kawasaki memastikan jika ZX-10R telah mengalami ubahan teknis yang signifikan.

Perubahan hadir pada mesin, sasis, suspensi,fairing, peranti elektronik, hingga rem dan saluran pembuangan Dilansir dari Motorcyclenews, Sabtu (10/10/2015). Segala perubahan ini menurut penuturan pihak Kawasaki adalah memenuhi kebutuhan dari tim balap pabrikan yang berlaga di WSBK.

Kawasaki tampaknya tetap mempertahankan jantung mekanis pada ZX-10R dengan mesin empat silinder segaris berkubikasi 998 cc. Pabrikan mengklaim mesin ini sanggup menghasilkan tenaga puncak hingga 207 Tk pada 13 ribu rpm dan torsi 114 Nm pada 11.500 rpm.

Fokus utama pengembangan hadir pada sisi aerondinamika sepeda motor. Pada bagian ini, tim Kawasaki WSBK meminta kepada tim insinyur untuk merubah desain fairingsehingga memiliki perlindungan angin yang lebih baik bagi pengendara. Hal ini bertujuan membantu pembalap mudah berubah posisi saat pengereman karena tidak terjadi turbulensi serta tidak menimbulkan hentakan pada helm.

 

Kaca depan juga dirancang menyatu dengan fairing sehingga tidak bergetar saat sepeda motor digeber dalam kecepatan tinggi. Selain itu, fairing juga didesain agar mampu mengalirkan udara lebih baik ke radiator.

Pada saluran pembuangan, komponen ini diciptakan dengan header berikut peredam berbahan titanium. Selain itu, terdapat tiga catalyser untuk membantu sepeda motor lulus standar emisi Euro4 dan tres suara. Dikatakan, penggila balap hanya tinggal mengganti bagian dari knalpot untuk mendapatkan performa maksimal.

Sasis mengalami perubahan dengan menggeser headstock (pangkal setang) 7,5 mm lebih dekat ke arah pengendara. Tujuannya untuk menambah titik berat di atas roda depan untuk meningkatkan stabilitas dan manuver. Lebih lanjut, lengan ayun belakang didesain lebih panjang 15,88 mm lebih panjang agar meningkatkan stabilitas saat pengereman.

Adapun pada bagian suspensi baik pada roda depan dan belakang ikut di upgrade. Kawasaki bekerja sama dengan Showa dan tim yang berlaga di WSBK menciptakan teknologi Balance Free Front Fork dengan diameter garpu 43 mm. Hasilnya, kenyamanan berkendara meningkat serta stabilitas pengereman.

 

Komponen terakhir yang mendapat ubahan yakni peranti rem yang merubah kaliper depan dengan Brembo M50 yang dikawinkan cakram yang lebih lebar 20 mm dari diameter sebelumnya. Piringan cakram ini didesain dengan memiliki alur di bagian luar untuk mempercepat pendinginan rem.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});