Terbukti Manipulasi Seri 'Produce', KCSC Umumkan Total Denda Tinggi Yang Diterima Mnet!
Foto: Naver.com

Terbukti Manipulasi Seri 'Produce', KCSC Umumkan Total Denda Tinggi Yang Diterima Mnet!

Selasa, 15 Sep 2020 | 11:14 | Nisa Diniah

Winnetnews.com -  Kasus manipulasi suara yang terjadi di rangkaian program survival Mnet "Produce" telah dikenai sanksi berdasarkan aturan penyiaran. Komisi Standar Komunikasi Korea (KCSC) telah membuat keputusan akhir hukuman untuk Mnet terkait manipulasi suara untuk empat musim acara Produce, yakni Produce 101, Produce 101 Season 2, Produce 48, dan Produce X 101.

Selama investigasi ditemukan bukti manipulasi suara di masing-masing dari season. KCSC belum lama ini menyatakan, "Mereka tidak hanya memanipulasi hasil, menipu penonton, dan menghalangi persepsi publik yang adil, tetapi masalah yang paling serius adalah pengkhianatan atas kerja keras para peserta dalam program audisi."

image0
Foto: Naver.com

Dilansir dari Naver, KCSC mengumumkan Mnet harus membayar denda sebesar 30 juta won (sekitar Rp 377 juta) untuk setiap season acara yaitu denda maksimum yang bisa mereka kenakan menurut hukum yang berlaku. Hal ini berarti total denda yang harus dibayar Mnet sekitar 120 juta won (sekitar Rp 1,5 Miliar) untuk seri "Produce" secara keseluruhan.

KCSC menyatakan, "Selain dampak negatif parah yang terjadi pada penonton dan peserta, ini merupakan masalah serius bahwa jaringan tidak memiliki sistem verifikasi apa pun karena hampir empat tahun manipulasi sistematis terhadap hasil voting penonton."

Sementara itu, PD Ahn Joon Young selaku kepala produser Kim Yong Bum, dan enam perwakilan agensi dijatuhi hukuman atas tuduhan terkait kasus manipulasi voting "Produce 101" pada bulan Mei lalu.  Ahn Joon Young dan Kim Yong Bum dan penuntut telah mengajukan banding atas hukuman tersebut. Hingga kini, persidangan kedua sedang berlangsung.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...