Skip to main content

Terdesak Kebutuhan Hidup, Rela Jual Organ Tubuh

Terdesak Kebutuhan Hidup, Rela Jual Organ Tubuh
Terdesak Kebutuhan Hidup, Rela Jual Organ Tubuh

WinNetNews.com - Karena terjerat kebutuhan hidup yang semakin sulit,tujuh orang diantaranya HL (30),IS (25),AK (35),SU (27),JJ (30),DS (32) dan SN (36)dimintai keterangan, karena menjual organ tubuhnya kepada AG (sebagai Perekrut),DD (sebagai perekrut) dan HS. Ketujuhnya mengaku telah kepada petugas telah menjual organ tubuhnya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari.

"Tiga orang sudah kami amankan, serta tujuh orang sudah kami mintai keterangan sebagai saksi. Ketujuh orang tersebut juga yang menjual organ tubuhnya dengan alaan untuk kebutuhan hidup sehari hari,"kata kepala Subdit 3 Direktorat tindak pidana umum Kombes pol Umar Fana, Rabu (27/01).

Selain itu, Umar juga menjelaskan, kejadian tersebut terjadi sejak bulan Juni 2015, sejumlah korban dilakukan perekrutan oleh AG untuk menjual Ginjal dengan harga Rp 80 juta hingga Rp 90 juta, kemudian korban diantarkan oleh tersangka DD dan dilakukan pengecekan Gijal di laboratorium di Bandung.

Selain itu, semua yang dilakukan AG dan DD adalah perintah HS, dengan biaya perekrutan masing masing mendapatkan Rp 7,5 juta hingga Rp 5 juta, masing masing korbanya.

"Korban dibawa oleh dua orang tersangka, untuk di cek kesehatanya di lab, setelah dicek,lalu dibawa kerumahsakit di jakarta untuk pemeriksaan jantung, paru dan psikiater, setelah memenuhi syarat untuk transpalasi ginjal, setelah dinyatakan hasilnya bagus, tim dokter tinggal menentukan tanggal operasi dan harus ada Surat keluarga,"paparnya

Sementara itu dari hasil penjualan ginjal tersebut HS mendapatkan keuntungan masing masing sebesar Rp 100 juta hingga Rp 250 juta. "Keuantunganya lumayan besar dari masing masing korbanya, Ginjal tersebut dijual kembali kepada yang membutuhkan, biaya operasi pun ditanggung si pembeli organ tubuh tersebut."Ujarnya.

Dari penangkapan ketiga tersangka tersebut petugas mengamankan barangbukti berupa 2 unit HP, satu buah buku tabungan atas nama HS, satu buah Atm BCA platinum, satu buah kartu kredit BCA, satu buah CPU serta beberapa dokumen rekam medis dan hasil CT scan.

Laporan: Areinta

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top