Terkadang Terlihat Kilatan Mirip Cahaya, Ini Penjelasannya
ilustrasi

Terkadang Terlihat Kilatan Mirip Cahaya, Ini Penjelasannya

Minggu, 23 Jun 2019 | 09:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Melihat pantulan sinar dari cermin, pasti membuat mata Anda silau. Sebisa mungkin Anda menjauhi atau menutupi mata dari kilatan cahaya yang mengganggu itu. Namun, pernahkah Anda melihat kilatan cahaya di mata, tapi tidak ada benda apa pun yang membuat Anda silau? Kira-kira, apa penyebabnya?

Fenomena seperti melihat kilatan cahaya di mata

Fenomena seperti melihat kilatan cahaya (flashes) di mata dalam istilah medis dikenal dengan photopsia (fotopsia). Fotopsia adalah kondisi yang dapat memengaruhi satu atau dua mata sekaligus.

Gejalanya pun dapat menghilang dengan cepat, terjadi sesekali, atau berulang dalam waktu yang lama.

Selain melihat cahaya kilat cepat, photopsia juga menimbulkan beberapa kelainan penglihatan, seperti:

Sensasi penglihatan gelap terang dengan cepat seperti lampu berkedip
Adanya titik terang yang bergerak pada penglihatan

Apa penyebab photopsia?

Berdasarkan hasil dari sebuah studi yang diterbitkan pada jurnal American Academy of Ophthalmology tahun 2015, terdapat 32 kondisi medis yang diidentifikasi dapat menimbulkan gejala photopsia.

Namun, beberapa kondisi yang paling umum menyebabkan fotopsia adalah:

1. Posterior vitreous detachement (PVD)

PVD adalah perubahan alami yang terjadi pada mata secara alami. Kondisi ini terjadi ketika gel vitreous (gel yang mengisi mata) terpisah dari retina (lapisan saraf yang peka cahaya di bagian belakang mata).

Kondisi ini biasanya sering terjadi pada orang yang berusia di atas 60 tahun. Gejala utamanya adalah munculnya perasaan seperti melihat kilatan cahaya di mata.

Meski bukan kondisi yang berbahaya, jika terjadi dalam jangka panjang photopsia dapat menyebabkan ablasio retina.

2. Ablasio retina

image0

Retina berfungsi untuk melapisi bagian dalam mata yang sangat sensitif dengan cahaya. Ketika cahaya masuk, retina akan mengirimkan pesan visual ke otak.

Ablasio retina adalah kondisi bergesernya retina dari posisi normalnya.

Ablasio retina juga dapat menyebabkan munculnya perasaan seperti melihat kilatan cahaya di mata. Kondisi ini harus ditangani segera untuk mencegah ablasi permanen yang dapat menyebabkan kebutaan.

3. Degenerasi makula terkait usia

Degenerasi makula terkait usia atau disebut juga dengan Age-related Macular Degeneration (AMD). Kondisi ini sangat umum terjadi pada orang berusia 50 tahun atau lebih.

Makula adalah bagian mata yang membantu Anda melihat lebih tajam ke depan. Namun, seiring bertambahnya usia, makula akan memburuk dan menyebabkan munculnya sensasi melihat kilatan di mata.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...