Terkait Dana Bantuan Pengungsi, Turki Tagih Janji Uni Eropa

Terkait Dana Bantuan Pengungsi, Turki Tagih Janji Uni Eropa

winnetnews.com – Jika sebelumnya Uni Eropa pernah menjanjikan dana bantuan sebesar enam miliar euro kepada Turki untuk membantu mengatasi gelombang pengungsi yang masuk benua biru tersebut. Tapi kini Turki sepertinya mulai gerah dengan janji UE, pasalnya hingga kini Turki mengaku belum menerima satu persen pun dana yang dijanjikan tersebut.

Keluhan ini disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Turki, Mevlut Cavusoglu, di sela pertemuan Komite Pejabat Menteri Dewan Eropa di Sofia, Bulgaria.

“Turki sudah melakukan upaya terbaik untuk menolong orang-orang ini (pengungsi). Kami sudah menghabiskan lebih dari USD10 miliar. Hari ini, kami melihat perlambatan beberapa hal…tentang tiga miliar euro yang akan diberikan Uni Eropa,” ungkap Cavusoglu seperti dilansir dari daily mail.

Sedianya dana bantuan enam miliar euro itu diberikan dalam dua tahap per dua tahun, di mana setahunnya Uni Eropa menjanjikan tiga juta euro. Tapi hingga sekarang, Turki masih menagih janji Uni Eropa.

“Mereka (Uni Eropa) tak berlaku secara pragmatis dalam mentransfer uang ini. Bahkan persiapan proyeknya akan berlangsung dua tahun. Apa yang akan terjadi dengan semua kebutuhan orang-orang (pengungsi) ini dalam dua tahun?,” tambahnya.