Terkait Dengan Penistaan Agama Yang Dilakukan Habib Rizieq, Ini Kata Ketua MUI
Sumber foto : istimewa

Terkait Dengan Penistaan Agama Yang Dilakukan Habib Rizieq, Ini Kata Ketua MUI

Jumat, 12 Mei 2017 | 19:55 | Oky

Winnetnews.com - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin menegaskan kasus dugaan penodaan agama yang melibatkan Rizieq Shihab perlu diperlakukan sama dengan kasus yang membelit Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok.

"Kalau kasusnya sama harus diperlakukan sama (seperti yang dialami Ahok). Kalau kasusnya enggak sama ya enggak sama," kata Ma'ruf di Mako Brimob Subden C Bungursari, Purwakarta usai memberikan tausyiah dimulainya pembangunan Mesjid Raya Cilodong, Jumat (12/5).

Seperti diketahui, Rizieq Shihab dilaporkan Persatuan Mahasiswa Kristen Indonesia (PMKRI) atas tuduhan penistaan agama karena dalam ceramahnya, menyinggung soal ketauhid-an Katolik. Disinggung apakah kasusnya sama, ia belum mengetahui persis.

"Saya enggak tahu persis kasusnya seperti apa. Yang pasti unsurnya harus diperhatikan, dalam konteks apa. Di pengajian sendiri enggak masalah, kalau di publik itu karena diperbanyak, ada yang memperbanyak itu lain soal. Kalau Ahok kan di depan publik," kata Ma'ruf.

Terkait vonis Ahok, Ma'ruf menilai vonis itu sangat bijaksana jika dilihat dari pertimbangan hakim dalam memutuskan. Seperti kasusnya penodaan agama, memecah belah umat dan tidak mengakui kesalahan.

"Sebenarnya dengan tiga hal itu berat nih, bisa maksimal 5 tahun tapi hakim dengan bijaksana, akhirnya vonisnya 2 tahun," ujarnya.

Meski begitu, banyak kalangan yang tidak setuju dengan vonis tersebut. "Tapi saya anjurkan sudahlah terima saja, kita selesaikan. Sudahlah urusan ini tidak usah dipanjang-panjang lagi," kata Ma'ruf.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...