Terkait Kabar Nunung Pakai Sabu Selama 20 Tahun, Ini Ciri-Ciri Pecandu Sabu

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Terkait Kabar Nunung Pakai Sabu Selama 20 Tahun, Ini Ciri-Ciri Pecandu Sabu

Winnetnews.com - Secara keseluruhan, pecandu sabu memperlihatkan kondisi yang dianggap ‘sehat-sehat saja’ dan jarang mengalami penurunan berat badan drastis. Hal tersebut terjadi pada komedian Indonesia, Nunung yang sudang menggunakan sabu selama 20 tahun dan tidak terlihat kurus dan selalu aktif dalam segala kegiatannya.

Praktisi kesehatan jiwa dari Universitas Krida Wacana, dr Andri, SpKJ, FACLP menyebutkan bahwa pada umumnya pecandu sabu tidak memberikan tanda-tanda yang nyata.

“Kalau ditanya bagaimana mengenalinya? Enggak bisa kita. (Mereka) biasa-biasa saja. Kalau ketemu kita juga biasa-biasa saja, kita enggak tahu ketemu pas lagi kena pengaruh atau tidak itu enggak ketahuan, enggak bisa membedakan,” ungkapnya, dilansir dari detikHealth, Senin (22/7/19).

Walaupun begitu, kondisi yang terlihat sehat tidak seperti kondisi yang terjadi di dalam sistem saraf otak dan metabolisme tubuh. Jika berlebihan, sabu akan memberikan efek gangguan pada jiwa dan bahkan kematian.

"Orang-orang yang menggunakan ini (obat golangan stimulan -red) mengira kok jadi pede, jadi bisa melakukan sesuatu, mau menggunakan ini dengan penggunaan banyak. Kondisi ini yang menjadi bermasalah ke depannya. Penggunaannya tidak tepat, suka-suka, tidak sesuai dengan kondisi dia. Akhirnya menjadi masalah," tambah dr Andri.

Apa Reaksi Kamu?