Terkait Kudeta, Hakan Sukur Diburu Pemerintah Turki

Terkait Kudeta, Hakan Sukur Diburu Pemerintah Turki

Sabtu, 13 Agt 2016 | 10:41 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Mantan pemain timnas sepakbola asal Turki yang pernah memperkuat Inter Milan, Parma, dan Galatasaray, Hakan Sukur, tengah diburu Pemerintah Turki. Dia dituding terlibat dalam upaya kudeta yang gagal beberapa waktu lalu.

Dikutip dari BBC, Pemerintah Turki di bawah pimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan telah mengeluarkan surat penangkapan terhadap Sukur. Sukur diduga terlibat dalam upaya penggulingan kekuasaan di negara tersebut pada pertengahan Juli lalu. Upaya kudeta tersebut dimotori oleh angkatan bersejata Turki namun kemudian gagal.

Pemerintah Turki telah melakukan pemeriksaan terhadap dua rumah di sisi barat negara tersebut sebagai upaya mencari Hakan Sukur. Pemilik 115 caps (51 gol) untuk Timnas Turki itu dituding sebagai anggota 'organisasi teroris bersenjata'.

Hakan Sukur, yang sejak beberapa bulan lalu pindah ke Amerika Serikat, dalam beberapa kesempatan dia menyatakan dukungannya pada Fethullah Gulen. Gulen adalah tokoh ulama asal Turki yang dituding Pemerintahan Erdogan sebagai dalang di balik upaya kudeta.

Pada Februari lalu Sukur juga dituding telah melakukan penghinaan pada Erdogan melalui akun Twitternya, yang membuat dia terancam penjara empat tahun. Namun dia menyangkalnya dan menyebut tak bermaksud menghina sang presiden. Pihak penuntut ketika itu bersikeras bahwa Tweet Sukur 'jelas sekali berkaitan' dengan sang presiden.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...