Terkait nuklir, Cina peringatkan Inggris

Terkait nuklir, Cina peringatkan Inggris

Rabu, 10 Agt 2016 | 17:47 | Rike
WinNetNews.com - Gagalnya kelanjutan proyek nuklir Hinkley Point bisa mengancam hubungan Cina dan Inggris, kata peringatan yang disampaikan dutabesarnya untuk Inggris.

Melalui tulisan dalam Financial Times, Liu Xiaoming menyatakan kelambatan menyepakati pembangkit bakal membuat kedua negara mencapai "persimpangan bersejarah yang menentukan". Liu mengisyaratkan "kesalingpercayaan" bakal hancur bila pemerintah Ingrgis memutuskan tidak menyepakati persetujuan. Cina diperkirakan bakal mendanai sekitar sepertiga dari proyek senilai £18 miliar atau Rp307 triliun.

Perusahaan asal Prancis EDF, bulan lalu yang membiayai sebagian besar Hinkley Point C di Somerset, putuskan untuk melanjutkan proyek ini.Tapi muncul langkah mengejutkan dari pemerintah Inggris yang menyatakan keinginan menunda hingga permulaan musim gugur untuk mengkajinya.Muncul beberapa laporan bahwa kekhawatiran Perdana Menteri Theresa May terkait keterlibatan Cina dalam pembangkit nuklir Inggris adalah alasan utama penundaan kesepakatan.

Menurut mantan Menteri Perdagangan Sir Vince Cable, saat dia masih dalam kabinet bersama-sama May yang ketika itu menjadi menteri dalam negeri, Theresa pernah menyatakan dirinya tak menyukai pendekatan "tanpa pemikiran panjang" pemerintahan Cameron ketika berurusan dengan Beijing.


TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...