Terkait VPN Gratis, BCA Anjurkan Nasabah Mobile Banking Lakukan Ini

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Terkait VPN Gratis, BCA Anjurkan Nasabah Mobile Banking Lakukan Ini
Winnetnews.com - Santoso selaku Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyatakan bahwa alayanan perbankan digital atau mobile banking terjamin aman. Namun Santoso juga sarankan agar nasabah sebaiknya tidak menggunakan VPN gratisan dalam melakukan transaksi mobile banking.

“Layanan ‘mobile banking’ kami gunkan ‘end to end encryption’ (Sistem enkripsi dari ujung ke ujung) yang akan mengacak data yang dikirim nasabah ke host (pusat data) kami, jadi tidak mudah dilacak, kemudian, selain itu sistem keamanan digital kami juga berlapis, tidak akan mudah ditembus,” ujar Susanto kepara ANTARA, Jakarta, Kamis (23/5/19).

Walaupun begitu, Susanto menjamin bahwa data-data nasabah tidak akan mudah disadap begitu saja.

“Sistem Teknologi Informasi kami memiliki keamanan berlapis dan sudah diuji coba sedemikian kali,” tambah Susanto.

Ia juga tetap mengingatkan bahwa pihaknya (BCA) belum bisa memastikan kualitas sistem keamanan yang dimiliki dan disediakan oleh aplikasi VPN gratisan. Maka itu Susanto menyarankan agar masyarakat atau nasabah tidak mengakses layanan ‘mobile banking’ atau ‘internet banking’ BCA dengan menggunakan VPN gratisan untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan.

“Kami tidak tahu kualitas VPN itu, ada yang gratis, ada yang bayar. Karena VPN itu ibaratnya lorong. Nasabah mengirim data ke kami menggunakan lorong itu. Nah kami tidak tahu kualitas lorong itu bagus atau tidak? Data yang dikirimkan dari gawai nasabah bisa lengkap terkirim ke pusat informasi kami atau tidak. Jadi kalau ditanya soal VPN gratis, ya lebih baik jangan pakai VPN,” ungkap Santoso.

Apa Reaksi Kamu?