Terkena Hoax, Orang-orang ini Lempar Peliharaannya ke Luar Jendela
Foto: The Sun

Terkena Hoax, Orang-orang ini Lempar Peliharaannya ke Luar Jendela

Minggu, 2 Feb 2020 | 14:25 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Wabah virus corona memang membuat beberapa orang merasakan panic dan ketakutan. Beberapa orang dengan sangat mudah percaya dengan pesan-pesan yang dilihatnya di media sosial.

Dilansir dari The Sun, beberapa orang membunuh hewan peliharaan mereka dengan cara yang kejam, yakni membuang mereka dari jendela apartemen. Hal ini dilakukan oleh mereka setelah menerima kabar kalau hewan peliharaan dapat menyebarkan virus corona.

Mendengar kabar itu, tanpa piker panjang para pemilik hewan peliharaan ini membuang anjing dan kucing mereka. Terlihat beberapa hewan tersebut mati dengan keadaan yang menyedihkan.

Kepanikan yang terjadi ini diketahui berasal dari pernyataan yang dibuat oleh Dr Li Lanjuan yang mengatakan kalau hewan peliharaan tersebut melakukan kontak langsung dengan orang yang terjangkit virus, maka hewan tersebut perlu menjalani karantina agar tetap aman. Akan tetapi, media local di sana memutar balikan kata-kata tersebut menjadi, “anjing dan kucing dapat menyebarkan virus corona”.

image0

Kekeliruan yang dialami oleh masyarakat China ini pun, membuat mereka dengan teganya melempar hewan peliharaan hingga mati. Seekor anjing ditemukan mati di sebuah apartemen yang berada di Kota Tianjin, Provinsi Hebei. Selain itu juga terdapat lima kucing yang mati di Shanghai.

Hewan-hewan peliharaan ini diketahui dilempar dari apartemen sekitar pukul 04.00 pagi waktu setempat dan menimbulkan suara yang keras.

Untuk mengatasi masalah ini, China Global Television Network kemudian mengunggah pesan dari World Health Organisation (WHO).

“Tidak ada bukti yang menunjukan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing dapat menyebarkan virus korona, WHO mengatakannya pada Selasa kemarin,” tulis pihak televisi tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...