Terkena Infeksi Saluran Kencing? Coba Obati dengan Bahan Alami Ini

Rusmanto
Rusmanto

Terkena Infeksi Saluran Kencing? Coba Obati dengan Bahan Alami Ini asparagus
Winnetnews.com -  Infeksi saluran kencing rentan dialami wanita. Selain menyebabkan rasa panas atau perih saat buang air kecil, infeksi yang tidak diobati dengan baik dapat menyebabkan demam hingga nyeri panggul. Kondisi ini akan terus bertambah parah bila terus dibiarkan. Idealnya, obat infeksi saluran kencing terbaik adalah antibiotik yang diresepkan oleh dokter Anda. Namun, beberapa bahan alami yang mungkin sudah ada di dapur Anda bisa membantu proses pemulihannya tanpa efek samping. Apa saja?

Daftar obat infeksi saluran kencing alami

Berikut beberapa bahan alami yang bisa dijadikan obat infeksi saluran kencing alami untuk mempercepat proses pemulihan kondisi Anda:

Asparagus

Meski mungkin jarang Anda dengar namanya, asparagus sudah biasa dijadikan alternatif alami obat infeksi saluran kencing di berbagai belahan dunia. Dilansir dari Live Strong, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam African Journal of Traditional, Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2008 melaporkan kandungan bahan aktif dalam asparagus bertindak sebagai antibakteri yang bekerja melawan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Penelitian ini juga menemukan bahwa akar asparagus membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Anda bisa mencoba mengonsumsi asparagus dengan mengolahnya menjadi jus atau sebagai sayur lauk makan.

Daun peterseli

Manfaat asparagus di atas bahkan ditemukan berlipat ganda ketika dikombinasikan dengan daun peterseli. Keduanya bekerja mengurangi pembengkakan pada saluran kemih dan memperbaiki fungsinya dengan mengurangi radikal bebas yang menyebabkan peradangan serta kerusakan sel.

Dikonsumsi sendirian, daun ini berfungsi sebagai diuretik yang dapat meningkatkan jumlah urin sehingga memungkinkan bakteri keluar dari saluran kemih. Anda bisa menggunakan peterseli segar atau peterseli kering yang dicampurkan dengan air dan dipanaskan. Diamkan selama enam sampai sepuluh menit, kemudian saring daunnya dan minum rebusan air tersebut.

Apa Reaksi Kamu?