Terkena Paparan Gas Air Mata? Segera Lakukan Ini
Sumber foto: Hellosehat.com

Terkena Paparan Gas Air Mata? Segera Lakukan Ini

Kamis, 23 Mei 2019 | 09:20 | Aldina Putri Nst
Winnetnews.com - Tak ada salahnya untuk waspada, karena kemungkinan terpapar gas air mata tidak hanya bisa terjadi kepada massa pendemo atau polisi saja, tetapi warga yang berada di sekitar area kejadian bisa terkena paparan tersebut.

Dengan kandungan beberapa senyawa kimia, gas air mata akan menyebabkan mata berair dan rasa sakit. Untuk beberapa contoh kasus yang pernah terjadi, ternyata gas air mata ini juga dapat menyebabkan kebutaan. Nah, jika kamu berada dalam situasi tersebut, lakukan pertolongan pertama seperti penjelasan berikut ini.

Dikutip dari detikHealth, dr Wisnu Pramudito D. Pusponegoro, Sp.B dari Perhimpunan Dokter Emergency Indonesia mengatakan bahwa tindakan seperti dekontaminasi wajib untuk dilakukan agar tidak terjadi efek yang berkelanjutan.

“Jadi memang penanganannya kalau dia terpapar, dicuci matanya. Kalau terpapar kan itu dia terkontaminasi jadi kalau ada masalah dengan bahan kimia biasa kita lakukan dekontaminasi,” ungkap dr Wisnu, Rabu (22/5/19).

Ia juga menjelaskan bahwa dekontaminasi adalah sebuah tindakan yang dilakukan untuk pengenceran. Zat kimia yang terdapat di dalam gas air mata akan aktif dalam komposisi serta konsentrasi tertentu. Dengan mencuci mata, zat aktif di dalam gas air mata akan menjadi luruh sehingga zat aktif tersebut tidak akan menimbulkan iritasi.

“Kalau memang pedih, jangan digaruk. Cuci saja pakai air mengalir yang bersih. Jangan pakai sabun, susu, segala macam. Kalau ke mata paling baik air mengalir saja,” tambahnya.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...