Terlalu Lama Menonton TV Ternyata Berbahaya Loh !

Terlalu Lama Menonton TV Ternyata Berbahaya Loh !

WinNetNews.com – Hari libur atau weekend merupakan hari yang ditunggu-tunggu bagi para pekerja. Kegiatan yang biasa dilakukan salah satunya menonton TV. Namun, apakah kalian sudah tahu bahwa terlalu lama menonton TV bisa membahayakan kesehatan Anda. Mengapa demikian? Ini alasannya sebagaimana dilansir dari metronews. Let’s check it out..

 

Risiko diabetes meningkat

Penelitian pada orang-orang yang berisiko terkena diabetes menemukan bahwa setiap jam yang dihabiskan untuk menonton TV per hari, risiko terkena penyakit pun meningkat hingga 3,4 persen. Memang, menonton TV diketahui sebagai indikator waktu seseorang menghabiskan banyak duduk.

Bikin gemuk

Kebanyakan orang berpikir duduk terlalu lama di depan TV membuat seseorang gemar mengemil. Padahal menurut profesor sosiologi kesehatan, Steve Gortmaker, tidaklah demikian. Sebagian besar yang membuat Anda gemuk karena iklan yang Anda tonton menarik Anda untuk membeli berbagai produk makanan yang tidak sehat.

Perkembangan bahasa anak menurun

Menurut ketua American Academy of Pediatrics, David L. Hill, paparan televisi untuk anak berusia dua tahun sangat berkorelasi dengan perkembangan bahasanya yang akan menurun. Sebaiknya orang tua menghindari memberikan hiburan televisi pada anak di bawah usia 2 tahun.

Sulit hamil

Sebuah penelitian Harvard menemukan bahwa pria yang menonton lebih dari 20 jam per minggu memiliki sperma 44 persen lebih sedikit daripada orang yang tidak menonton TV. Penelitian sebelumnya juga mengaitkan melihat televisi berkepanjangan meningkatkan risiko penyakit jantung, untuk laki-laki juga cenderung mengalami impotensi.

Antisosial

Konferensi tahunan Asosiasi Komunikasi Internasional di San Juan, Puerto Rico, menemukan bahwa perasaan kesepian dan depresi dikaitkan dengan menonton televisi (selain penggunaan gadget) sehingga membawa anak-anak memiliki perilaku antisosial.

Memperpendek hidup Anda

Penelitian, yang diterbitkan tahun lalu dalam Journal of American Heart Association menemukan bahwa peserta yang melaporkan menonton tiga jam atau lebih dari TV per hari memiliki dua kali risiko kematian lebih cepat daripada mereka yang mengatakan mereka tidak pernah menonton lebih dari 1 jam per hari.