Terlalu Mirip Polisi, Seragam Satpam Akan Diubah Jadi Warna Krem

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 11 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Terlalu Mirip Polisi, Seragam Satpam Akan Diubah Jadi Warna Krem
Foto: Antara

Winnetnews.com -  Polri berencana kembali mengubah warna seragam Satuan Pengamanan (Satpam) dari warna cokelat muda menjadi warna krem.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan perubahan warna ini karena seragam Satpam dan polisi dinilai terlalu mirip, sehingga membuat masyarakat sulit membedakan.

"Seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan polisi dan Satpam," kata Ramadhan kepada wartawan, Rabu (12/1).

Ramadhan menjelaskan, Satpam sendiri merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas. Oleh karena itu, Satpam perlu memiliki identitas yang berbeda dengan Polri.

"Perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya," ujar dia.

Lebih lanjut, Ramadhan mengatakan warna baru seragam Satpam akan dieprkenalkan saat hari ulang tahun (HUT) Satpam, yakni bulan Desember. Namun, akan terlebih dahulu dilakukan pengkajian sebelum secara resmi digunakan.

"Pada HUT Satpam akan diperkenalkan warna seragam yang baru dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya," ujarnya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...