Terlihat Sehat, Tapi 5 Hal Ini Bisa Merusak Gigi

Terlihat Sehat, Tapi 5 Hal Ini Bisa Merusak Gigi

Kita semua hampir semuanya tahu bila sering makan permen dan minum minuman bersoda bisa merusak gigi. Tapi Anda juga sebaiknya mengetahui gula dan asam juga bisa bersembunyi dalam makanan atau minuman lain yang tampak tidak berbahaya.

Fakta bahwa ada lima makanan atau minuman yang berpotensi untuk merusak gigi serta cara untuk menghindari kerusakan tersebut.

1. Jus buah

Mendengar istilah jus, biasanya yang terbayang adalah minuman berbahan buah yang menyehatkan tubuh. Namun, hati-hati bagi yang senang konsumsi jus dalam kemasan, beberapa jus memiliki kadar gula tinggi (bahkan beberapa di antaranya lebih tinggi dari smoothies maupun soda). Hal ini bisa membuat bakteri di mulut diubah menjadi asam yang bisa menipiskan enamel gigi dan gigi berlubang.

Solusi:

Konsumsi jus dengan menggunakan sedotan, lalu jauhkan dari permukaan gigi. Pastikan menunggu hingga 45 menit usai minum jus bila ingin menggosok gigi.

2. Vitamin kunyah

Vitamin ini bertekstur kenyal yang mudah lengket di gigi. Kandungan gula di dalamnya bisa membuat gigi berlubang.

Solusi:

Lebih baik, konsumsi vitamin dalam bentuk pil meski rasanya tidak seenak yang bertekstur kenyal.

3. Buah kering

Beberapa buah segar baik untuk gigi karena seperti apel dan pir, namun hal ini tidak berlaku untuk buah kering. Camilan sehat ini sudah tidak memiliki serat selulosa yang dapat membuat gula pada buah terjebak di sekitar gigi.

Solusi:

Setelah mengonsumsi buah kering, beri jeda sebentar kemudian gosok gigi dan bersihkan dengan benang gigi untuk menyingkirkan gula yang terjebak di gigi.

4. White wine

Tidak hanya red wine (anggur merah) yang tidak baik untuk gigi, white wine pun iya. Kandungan asam dalam white wine bisa menggerogoti enamel gigi serta membuat gigi rentan menyerap noda dari makanan atau minuman lain.

Solusi:

Jika Anda memang senang mengonsumsi minuman anggur, padukan dengan kebiasaan makan keju. Makanan dari olahan susu ini kaya protein, kalsium dan fosfor yang membantu kekuatan gigi. Jangan lupa, usai minum red wine maupuan white wine minum maupun kumur dengan air putih untuk menyingkirkan asam di gigi.

5. Saus barbekyu

Saus manis asin yang dioleskan pada makanan yang di panggang ini berpotensi mengubah warna gigi dan mempercepat pembusukan gigi jika berada di dalam mulut terlalu lama.

Solusi:

Minum air putih sesudahnya kemudian sikat gigi dengan cara tepat untuk menghilangkan sisa makanan maupun saus barbekyu yang ada di gigi.