Terminal 3 Ultimate Soetta beroperasi perkuat Pariwisata di Banten

Terminal 3 Ultimate Soetta beroperasi perkuat Pariwisata di Banten

Sabtu, 6 Agt 2016 | 22:10 | Rike
WinNetNews.com - Rencana pengoperasian Terminal 3 Ultimate di Bandara Internasional Soekarno Hatta 9 Agustus nanti beri potensi mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Banten, terutama wisatawan asal nusantara.

Hal itu sejalan dengan pengalihan sebanyak 126 rute penerbangan atau 70% dari total penerbangan dari Terminal 2 ke Terminal 3 Ultimate. Keberadaan Terminal 3 Ultimate yang memiliki kapasitas hingga 25 juta penumpang bakal menggenjot kapasitas Bandara Internasional Soekarno Hatta menjadi 60 juta penumpang dari sebelumnya hanya 20 juta penumpang. “Branding terhadap Provinsi Banten, khususnya yang sudah dilakukan saat ini yakni mengumumkan lokasi pendaratan pesawat dari sebelumnya Cengkareng, Jakarta menjadi Tangerang, Banten, merupakan langkah awal untuk mendukung upaya kami meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Banten,” ucap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten Opar Suhari kepada Bisnis, Jumat (5/8/2016).

Dari data yang ada, kunjungan wisatawan telah mencapai 14,13 juta orang yang meliputi wisatawan nusantara sebanyak 14 juta dan wisatawan mancanegara 127.000 orang di tahun lalu. Secara nasional, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberi target jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) hingga 20 juta pada 2019. Disbudpar Banten sendiri optimistis provinsi ini mampu menyumbangkan sekitar 1 juta wisman pada 2019.

Pemprov Banten tahun ini mengalokasikan anggaran hingga Rp900 miliar guna membangun sejumlah infrastruktur untuk meningkatkan daya tarik Banten menjadi pusat industri dan pariwisata. Adapun, pembenahan infrastruktur akan diprioritaskan untuk tujuh ruas jalan yaitu Cipanas-Warung Banten, Tanjung Lesung, Sempu-Cilaku, Pariji-Sukamana, Lopang- Banten, Ciluas-Pontang, dan Serpong.“Selama ini, keberadaan Bandara Internasional Soekarno Hatta belum berdampak signifikan karena kebanyakan penumpang hanya transit di Tangerang. Oleh karena itu, kami tahun ini gencar mengadakan banyak acara kebudayaan untuk menarik minat mereka,” jelasnya.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...