Ternyata 4 Hewan Ini Bisa Deteksi Bencana Alam

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Ternyata 4 Hewan Ini Bisa Deteksi Bencana Alam
Winnetnews.com - Bencana alam adalah salah satu dampak paling besar di kehidupan kita. Dengan seringnya terjadi bencana alam akhir-akhir ini membuat masyarakat menjadi lebih wasapada.

Namun, hal yang perlu kamu ketahui adalah ternyata ada beberapa hewan di sekitar kita dan selalu ada di kehidupan sehari-hari yang mampu memberikan prediksi ketika adanya bencana alam terjadi. Bahkan hewan-hewan ini dikabarkan dapat lebih cepat memperkirakan dibandingkan alat-alat prediksi bencana yang diciptakan oleh manusia itu sendiri.

Penasaran? Simak terus ulasan dibawah ya.

1. Kucing

Kucing adalah salah satu binatang yang mempunyai tingkat kepekaan cukup tinggi. Kemampuan yang dimiliki kucing untuk cepat tanggap juga menjadi salah satu alasan kucing dapat mendeteksi getaran-getaran yang terjadi di bumi ini. Kucing adalah binatang yang sangat dipercaya mampu mendeteksi datangnya gempa beberapa saat sebelum manusia dapat merasakannya.

2. Sapi

Suatu kejadian yang pernah terjadi pada tahun 1997 di salah satu kota di Italia merupakan bukti bahwa sapi memliki kepekaan yang tinggi terhadap bencana alam. Saat itu, tiba-tiba sapi yang berada di gunung beramai-ramai turun ke tempat yang lebih padat penduduknya. Ternyata setelah dua hari kemudian, gempa dengan kekuatan 6,7 SR terjadi di tempat tersebut.

Tak hanya itu saja, sebelum terjadinya gempa di jepang beberapa tahun yang lalu, produksi susu sapi mengalami penurunan yang drastis saat beberapa minggu sebelum gempa itu terjadi.

3. Kelelawar

Binatang yang disebut kelelawar ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi frekuensi suara yang tidak bisa dijangkau oleh manusia melalui telinganya. Hal ini terbukti ketika banyak kelelawar yang meninggalkan sarangnya pada saat kejadian tsunami di tahun 2004.

4. Anjing

Perilaku anjing dapat memberi pertanda akan terjadinya sesuatu yang akan datang. Anjing memilki indra ke enam yang mampu mengetahui apa yang sedang dirasakan pemiliknya.

Pada tahun 1975 di Haicheng China, para saksi mengaku beberapa menit sebelum gempa terjadi semua anjing-anjing yang berada disana menggonggong dan merasa seperti kebingungan.

 

Nah, setelah mengetahui fakta-fakta ini ada baiknya buat kamu untuk lebih menjaga binatang-binatang yang ada disekitar kita. banyak yang berkata bahwa binatang tidak memiliki akal, namun ternyata di samping dari fakta itu binatang-binatang tersebut memiliki kelebihan yang tidak dimilki oleh manusia normal pada dasarnya.

 

 

Penulis: Aldina Putri Nasution
Editor: Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?