Ternyata Ada Buah yang Dapat Mengganggu Reaksi Obat

Ternyata Ada Buah yang Dapat Mengganggu Reaksi Obat

WinNetNews.com-Jus jeruk ternyata bisa berinteraksi dengan obat-obatan tertentu dan dapat tingkatkan kekuatan obat-obatan itu dengan cara berbahaya.

Malah ada 43 obat-obatan yang bisa berinteraksi secara membahayakan lewat konsumsi bersama jus jeruk. Hal itu sebab adanya senyawa kimia furanocoumarins, yang terkandung dalam jeruk nipis dan jeruk Sevilla. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa jumlah obat-obatan yang berinteraksi buruk dengan jus jeruk – termasuk diantaranya sejumlah jenis obat penurun tekanan darah dan kolesterol yang umum – meningkat dua kali lipat sejak 2008 sebab formulasi-formulasi obat baru.

“Minum satu tablet obat tertentu dengan segelas jus jeruk bisa setara dengan mengonsumsi lima tablet dengan air,” jelas ketua penelitian, David Bailey, PhD, ahli farmasi klinis di Lawson Health Research Institute, London, Ontario.

Sebutir jeruk atau segelas jusnya – walau dikonsumsi berjam-jam sebelum atau sesudah minum obat tertentu – telah cukup dapat menyebabkan reaksi. Berkonsultasilah kepada dokter untuk melihat apakah ada obat-obatan yang sedang Anda konsumsi termasuk dalam daftar obat baru tersebut.

Sumber:readerdigest.co.id

Foto: http://www.tipsforhealthyfood.com