Ternyata Air Kelapa Juga Baik Bagi Penderita Diabetes
ilustrasi

Ternyata Air Kelapa Juga Baik Bagi Penderita Diabetes

Selasa, 10 Des 2019 | 08:57 | Rusmanto

Winnetnews.com - Air kelapa dikenal sebagai minuman yang sangat menyegarkan dan bisa membantu mengatasi dahaga dengan efektif. Hanya saja, apakah benar jika penderita diabetes tidak boleh meminumnya? Berikut adalah penjelasan pakar kesehatan terkait dengan hal ini.

Dampak Minum Air Kelapa bagi Penderita Diabetes

Pakar kesehatan menyebut air kelapa sebagai minuman yang segar, nikmat, dan tinggi nutrisi. Selain itu, kandungan elektrolit di dalamnya juga cukup tinggi sehingga bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Sebagai contoh, kita juga bisa mendapatkan nutrisi seperti vitamin B1, C, potasium, sodium, tembaga, mangan, selenium, fosfor, dan zat besi di dalamnya.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Medicinal Food pada Februari 2015 silam, disebutkan bahwa air kelapa ternyata baik bagi kesehatan penderita diabetes. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa minuman ini bisa mengendalikan kondisi kesehatannya dengan efektif.

Penelitian ini melibatkan tikus percobaan yang dikondisikan terkena diabetes. Tikus-tikus ini kemudian diberi air kelapa untuk mengetahui bagaimana dampaknya bagi kondisi gula darah.

Hasilnya adalah, campuran antara air kelapa dengan L-arginine, semacam asam amino yang bisa mengatasi penggumpalan darah dan meningkakan aliran darah, bisa membantu menurunkan konsentrasi kadar gula darah di dalam tubuh para tikus.

Para peneliti pun menduga jika hal yang sama bisa didapatkan oleh penderita diabetes jika minum air kelapa. Meskipun begitu, mereka menyarankan untuk membatasi konsumsinya maksimal 250 ml. Jika sampai dikonsumsi lebih banyak, bisa jadi akan membuat kadar gula darah naik dengan signifikan dan akhirnya meningkatkan risiko terkena komplikasi.

Penderita diabetes juga lebih disarankan untuk memilih air dari buah kelapa hijau asli, bukannya minuman air kelapa kemasan yang biasanya sudah tinggi kandungan gula atau tambahan lainnya demi mencegah efek buruk bagi kesehatan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...