Skip to main content

Ternyata, Aplikasi Spotify untuk Desktop Dapat Persingkat Usia SSD

Aplikasi musik spotify foto: istimewa
Aplikasi musik spotify foto: istimewa

WinNetNews.com - Layanan musik Spotify memang memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya. Selain menyediakan aplikasi untuk platform mobile, pihak pengembang juga menyediakan software untuk perangkat desktop. Meski menyediakan akses ke berbagai platform, namun ternyata ada suatu masalah yang cukup serius.

Seperti yang dilaporkan Arstechnica, selama 5 bulan terakhir (atau bahkan lebih lama), diketahui ternyata aplikasi Spotify untuk desktop mempersingkat usia SSD, karena aplikasi menulis data dalam jumlah yang besar secara rutin. Kasus ini diketahui berkat laporan beberapa pengguna yang mengeluhkan kapasitas penyimpanan milik mereka telah terpakai sebanyak ratusan GB.

Bahkan kasus terparah dialami oleh salah satu pengguna yang mendapati Spotify telah menimbun data melebihi 1TB selama 15 hari terakhir, padahal pengguna hanya memainkan 5 lagu saja dari Spotify selama kurun waktu yang terbilang masih singkat tersebut. Hal ini dapat terjadi karena pengguna membuka aplikasi Spotify dan membiarkannya ke dalam kondisi idle, sementara pengguna tidak menyimpan lagu secara offline.

Tentu dengan cara seperti ini, SSD pada perangkat desktop akan lebih cepat rusak, karena tingkat penulisan data tidak sesignifikan penggunaan normal. Masalah pada aplikasi ini ditengarai telah muncul sejak pertengahan bulan Juni 2016, dimana para pengguna sudah mulai menyampaikan keluhan tersebut dalam forum resmi website Spotify.

Tentu untuk menanggapi isu ini, Spotify harus bekerja keras untuk menangani masalah dan harus memastikan bahwa mereka harus memperbaikinya pada update 1.0.42 yang bakal dirlis untuk semua platform yang telah didukung oleh Spotify dalam beberapa hari mendatang.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top