Ternyata Banyak Banget Gedung Perkantoran yang Kosong di Jakarta Loh!

Rani
Rani

Ternyata Banyak Banget Gedung Perkantoran yang Kosong di Jakarta Loh!

winnetnews.com - Tingkat kekosongan gedung perkantoran di area Central Business District (CBD) Jakarta naik dari 15,7% menjadi 18,4% pada semester pertama tahun ini. Wilayah tersebut mencakup Jalan Sudirman, Thamrin, Mega Kuningan dan Jendral Gatot Subroto.

Berdasarkan data dari Savills, konsultan Properti asal Australia yang berkantor di Indonesia, gedung perkantoran yang paling tinggi tingkat kekosongannya adalah gedung dengan jenis grade A sebesar 27%. Diikuti oleh gedung perkantoran grade C sebesar 13,6% dan grade B sebesar 11,7%.

Sementara tingkat kekosongan gedung perkantoran grade premium mengalami sedikit penurunan dari 17% ke 16,6%. Hal tersebut didukung oleh adanya kenaikan serapan untuk grade ini di semester pertama 2017.

Adapun gedung grade B dan C memiliki ruang kosong dengan luas lebih dari 20.000 m2 di grade B dan 15.000 m2 di grade C.

"Pasokan dan penyerapan paling banyak di grade A. Tapi ruang kosong di grade A juga banyak. Itu karena suplai gedung grade A yang paling banyak di CBD adalah grade A," kata Kepala Departemen Riset dan Konsultasi Savills Indonesia, Anton Sitorus dalam jumpa pers di Panin Tower, Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Sedangkan di area non CBD, yang paling tinggi tingkat kekosongannya adalah yang berlokasi di Jakarta Utara sebesar 32,8%, disusul oleh Jakarta Selatan sebesar 22,41%, Jakarta Pusat 21,6%, Jakarta Barat 20,8% dan Jakarta Timur 8,7%.

"Jakarta Timur enggak banyak berubah dan yang paling kecil karena memang suplai di sana enggak banyak," tukas Anton.

Apa Reaksi Kamu?