Ternyata Begini Cara Apple Menjaga Kerahasiaan Produknya
ilustrasi

Ternyata Begini Cara Apple Menjaga Kerahasiaan Produknya

Jumat, 5 Mei 2017 | 15:44 | Rusmanto

WinNetNews.com - Perusahaan teknologi dikenal sangat menjaga rahasia terkait produk smartphone yang hendak diluncurkannya, setidaknya hingga mendekati waktu peluncuran. Ketika ada bocoran, perusahaan seperti Apple pun enggan memberikan konfirmasi tentang kebenaran informasi itu.

Lantas bagaimana cara Apple menjaga kerahasiaan produk iPhone terbarunya supaya tak bocor? Rupanya perusahaan punya cara tersendiri.

Mengutip laman Ubergizmo , Jumat (5/5/2017), hal ini diceritakan oleh seorang mahasiswa yang sempat menyamar jadi buruh di pabrik manufaktur iPhone, Pegatron di Tiongkok beberapa waktu lalu. Mahasiswa New York University bernama Dejian Zheng ini mengungkapkan soal ketatnya upaya Apple dalam menjaga rahasia produk iPhone.

Menurut Zheng, selama enam bulan menyamar jadi buruh, ia mengerjakan perakitan iPhone 6s. Pada saat yang sama, rupanya perusahaan juga menyediakan fasilitas line produksi untuk merakit iPhone 7 yang saat itu masih belum dirilis.

Fasilitas perakitan iPhone 6s dan iPhone 7, kata Zheng, saat itu dipisahkan oleh tirai yang sangat besar. Kemungkinan besar, tujuannya agar buruh yang tak bertanggung jawab atas iPhone 7 tidak melihat seperti apa komponen dan model iPhone terbaru itu.

"Kami (para buruh) juga memiliki sebuah ruang loker, di ruang itulah buruh berganti baju, menyimpan ponsel, kunci, dan semua benda yang terbuat dari metal. Pabrik bahkan mempunyai teknologi pengenalan wajah. Untuk dapat masuk ke pabrik, kami harus melewati pendeteksi logam," kata Zheng.

Ia juga mengatakan, dengan ketatnya penjagaan dan pendeteksi logam yang begitu sensitif, sangat sulit untuk menyelundupkan kamera ke dalam pabrik.

Bukan hanya buruh, para manajer pun tak diperbolehkan membawa masuk ponsel mereka ke area perakitan ponsel iPhone. Hal ini dilakukan agar tak ada seorangpun yang mencoba menyelundupkan prototipe atau komponen iPhone ke luar pabrik.

Ketatnya pengamanan itulah yang membuat karyawan sangat takut untuk membocorkan berbagai informasi tentang kehadiran produk baru. Meski begitu, bocoran-bocoran iPhone terbaru masih terus bermunculan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...